YIMM Merespon Isu YZF R15 Dengan Baik

suzuki

Yola dulur….. Bicara motor R15 milik pabrikan Yamaha ini sepertinya mengasyikkan, maklum  menjadi motor sport fairing 4 tak 150 pertama yang akan dikeluarkan oleh pabrikan Yamaha dimarih.

yzf r15
yzf r15

Motor full fairing yang mempunyai basic yang sama dengan NVL maupun old vixion ini mengandalkan mesin yang sama yaitu mesin racikan Minarelli, 4 stroke 150 cc sohc 4 klep overstroke, berpendingin liquid cooled.  Yang berbeda mungkin hanya di setting ECU untuk  mengakomodir kenaikan bobot  pemasangan fairing.

Gambar
yzf r15 white blue

R15 ini sebenarnya bukan motor baru, di India sono yang menjadi tulang punggung penjualan kelas sport Yamaha selain seri FZ sudah nongol sejak  tahun 2008 dengan YZF R15 V1 . Sehingga dari beberapa  pengamat dan biker enthusias bilang terlambat masuk ke marih, sehingga kesan WOW nya hilang, meskipun secara desain keseluruhan emang sporty abis. Meskipun dari pihak yang kontra mengatakan sport fairing kok sohc overstroke, menurut ane motor ini cukuplah untuk sport harian, toh masih main power dibawah 20 ps-an. Spek dohc maupun sohc 4 klep beda-beda tipis performanya (IMHO) kalu bicara penggunaan umum jalan raya.

Nah mendapat kritik  dari para pengamat dan biker enthusias, pihak YIMM sepertinya merespon dengan jalan lain. Mengetahui kesan wow secara desain fisik dan fitur, YIMM mengangkat isu motor ini dengan cerdiknya. Masih banyak isu yang bias diangkat dari motor ini menjelang perilisannya, mungkin itu pemikiran YIMM. Seperti yang pernah saia bahas di artikel disini.

http://78deka.wordpress.com/2014/03/11/r15-harga-25-jutaan-masbuloh/

YIMM membuat isu-isu lain untuk menghangatkan berita tentang motor fairing mereka. Sadar betul bahwa pihak media sekarang berperan penting dalam menyebarkan JIN alias mindset pembeli potensial, YIMM mengumbar isu-isu tersebut secara massive dan bertahap.

gulf oil

Untuk merespon kesan WOW yang hilang, kumpeni ini mengeluarkan isu tentang bandrol aka harga yang simpang siur. Memanfaatkan keinginan konsumen yang menginginkan motor fairing harga terjangkau. Yamaha mempermainkan isu harga R15, dari diatas 30an juta, terus keluar lagi  nilai NJKB yang seharga 18 jutaan, sesingga beredar isu harga on the road yang di range 25 jutaan. Setelah perhatian para enthusias tersedot pada motor ini, keluar lagi isu harga 27-30 jutaan. Perhatian biker enthusias seperti ndak ada habis-habisnya pada motor ini, sebuah bekal marketing yang bagus.

Gambar
yzf r15

Kemudian YIMM juga menyebar isu soal waktunya melaunching ini motor sport. Ketidak jelasan peluncuran,maju mundurnya membuat simpang siur  di ranah blogsphere dan media online. Sekali lagi YIMM memanfaatkan rasa “curousity” biker enthusias yang begitu besar menjadi sebuah jalinan isu yang perlu diangkat secara berkesinambungan.

Ditambah dengan mengangkat Pembelap MotoGP yang sudah dikenal banyak orang,Jorge Lorenzo sebagai brand ambassador R15 di poster-poster. YIMM juga membuat rasa penasaran lebih dengan membuka microsite bertajuk We R Different, mengikuti microsite Yamaha Global dengan Rev Stationnya. Dan puncak kejutan isu motor ini berupa hadiah yang menurut ane sangat layak diperoleh, sebuah Helm merk top HJC seharga lebih dari 1 juta rupiah sebagai doorprice untuk  1500 indener pertama, serta 5 motor R15 full modif seharga 15 juta menjadi milik 5 orang beruntung. Wesss… jian sebuah langkah marketing yang cakep ini.

Secara tidak langsung dengan pengalihan isu yang massive, teorganisir ini lambat laun mengubur isu kesan WOW yang hilang tersebut. YIMM dengan cerdik  mempermainkan perhatian para enthusias bagaikan menunggu motor yang fresh from oven. YIMM juga membangun pride pada pembeli dengan cara membuat pabrik dimarih menjadi basic produksi R15, sehingga menjadikan R15 produk export, alias produk global.

So…. Ini menurut opini saia seorang biker newbie biasa, bisa salah bisa benar. Jika punya opini lain silahkan di share saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

31 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*