Yang Tersisa Dari MotoGP Austin : Bridgestone Mlongo Dengan Fakta Masalah Ban Depan

suzuki

Yola dulur…… info dadakan dari balap motoGP. Gelaran MotoGP seri Austin memang sudah selesai yang menelurkan Marquez menjadi kampiun tahun ini.

ban setelah gp austin

Namun masih ada berita menarik yang tersisa dari hasil balapan tersebut. Pihak penyedia ban MotoGP Bridgestone mengumpulkan data soal efek ban setelah balapan selesai, untuk pengembangan ban berikutnya. Dan bridgestone mendapatkan fakta yang membuat pihak pabrik ban tersebut terkejut, tidak sesuai dengan prediksi mereka. Bridgestone tidak mengharapkan fakta ini terjadi saat gelaran MotoGP Austin ini.

Marquez
Marquez

Beberapa pembalap  melaporkan keausan berlebihan pada sisi kanan ban depan saat balapan di COTA , dan yang paling parah terkena imbasnya adalah  Valentino Rossi . Bekas ban stelah balapan selesai sangat buruk sekali, seperti pada gambar diatas. Rider Italiano itu awalnya nampak di jalur untuk tantanganberebut posisi podium kedua berturut-turut pada tahun 2014, namun ia harus  melambat secara dramatis karena kurangnya grip ban depan dan ia akhirnya selesai urutan kedelapan.

valentino rossi
valentino rossi

Rookie asal Inggris Scott Redding juga memiliki masalah besar dan Honda RCV1000R Gresini-nya gagal mendapat poin setelah kehilangan grip ban depan sebelah kanan pada tahap penutupan lomba yaitu di lap 21. Redding mengatakan ban tiba-tiba kehilangan kinerja di sisa tujuh lap dan chief engineer Bridgestone Masao Azuma mengatakan masalah belum bisa teratasi .

bridgestone-tech

Azuma mengatakan : ” Abrasi yang tinggi di sisi kanan dari ban depan di beberapa rider saat balapan adalah masalah yang tak terpikirkan sebelumnya. Ada beberapa bagian dari sirkuit yang sangat menuntut di sisi kanan ban , tapi alokasi kompon ban kami untuk balapan ini dirancang untuk memenuhi tuntutan tersebut .

” Kita perlu melihat semua variabel termasuk riding style,  karakter mesin dan kondisi trek saat balapan untuk mencari tahu mengapa kita mendapatkan  abrasi tingkat tinggi selama perlombaan , dan mengapa beberapa rider terkena dampak lebih daripada yang lain .

” Sepertinya kita tidak menyangka dengan tingkat abrasi tinggi yang tidak terjadi di tahun lalu atau selama free pactice dan kualifikasi tahun ini , ban dan data dari Amerika Grand Prix akan dianalisis di Pusat Teknis kami sehingga kami dapat mengetahui mengapa hal ini terjadi . “

Wew… pantesan Rossi yang awalnya ngotot tiba-tiba ngedrop dia akhir balapan. Ternyata bannya tidak mendukung riding style-nya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil