Yang Bikin R15 “Inferior” Dibanding CBR150 Bukan SOHC-nya, Tapi Overstroke-nya

yzf-r15
suzuki
yzf-r15
yzf-r15

Yola dulur…..Lagi rame nih tentang compare-comparean, voting-votingan, survey-survey-an di kelas yang baru semerbak harum, sport fairing 150 cc. CBR150R baru memang menyuguhkan sensasi baru dibandingkan versi lamanya, setting mesin baru dan balance baru dari sektor bodi. Dan tentu saja akan disandingkan dengan rival abadinya Yamaha…. R15. Sudah deka terawang, CBR akan menjual spek mesin DOHC-nya ( bisa cek di artikel ini, artikel itu )Deka mau ikut-ikutan kok ya males cari spek data kedua motor tersebut, mau ikutan bikin survey….. hmmm udah kalah tenar nama dibanding blogger lain… entar ngadain survey yang ngisi cuma 10 orang kan  nggak valid hasilnya 😀 .

Mending sekarang deka ngajak ngobrol ala warung angkring kenapa R15 impresi performanya nampak inferior dibandingkan CBR150R. Memang hampir semua menuduh bahwa mesin Minarelli yang dipakai oleh R15 yang masih SOHC lah yag menjadi biang kerok performa r15  di bawah DOHC-nya CBR. Mungkin saja…lha wong deka bukan pakar permesinan, namun mari kita geser sudut pandangnya sedikit. memang yang menjadi tolok ukur di sini adalah makin banyak makin baik, makin banyak lebih superior, dua lebih baik dari satu, dua memberikan daya yang lebih besar dari satu. Namun konsep DOHC atau poros cam ganda ini adalah pendekatan konsep agar kerja part lebih ringan saat mesin digeber di rpm yang lebih tinggi, atau mesin punya daya tahan lebih saat di rpm tinggi. Apakah SOHC bisa melayani rpm lebih tinggi? Bisa…. asal ditambah dengan tehnologi lainnya dan bahan part eksotis.

cbr150r new 2014
cbr150r new 2014

Jadi DOHC bukan parameter performa mesin, kalaupun ada pengaruhnya sangat tipis, hanya didunia balap dengan pembalap pro saja yang bisa memaksimalkan keuntungannya, sedangkan kita akan bicara versi jalan raya, daily use. Parameter utama performa mesin adalah Power dan Torsi yang dihasilkan. Power dan torsi mesin dihasilkan dari kemampuan jantung mesin sendiri, ruang pembakaran, dan yang berperan adalah EV atau efisiensi volumetrik, printilannya ada kompresi, daya hisap, kubikasi, pengapian, de el el. Tingginya RPM mesin itu yang membatasi adalah piston speed……nah disini peran karakter mesin yang Overbore dan overstroke yang bicara, overbore memungkinkan untuk pencapaian RPM yang lebih tinggi.

Dengan overbore, mesin bisa mengail power di putaran mesin atas dengan mudah dibandingkan overstroke. Karakter overstroke yang mengumpulkan power di rpm bawah memang sangat menguntungkan buat mesin motor harian maupun dirt bike…..offroad. Berbeda dengan mesin Overbore yang cocok buat jalan aspal dan sirkuit. Nah disinilah mesin r15 terasa inferior saat digeber di rpm tinggi dibandingkan CBR. Ibaratnya makin rpm tinggi malah makin ampang…. beda dengan overbore yang terus ngisi, lagian DOHC bukan tehnologi baru kok…lamaaaaaa banget. So…. jika ingin melayani mesin CBR, ganti tuh miranellinya dari overstroke ke overbore……. yang penting sudah 4 klep…….kompresi sama, power sama, torsi sama….. bonus berat mesin sohc yang lebih ringan….. bukti? nih contoh 2 mobil ini unggul mana secara performa DOHC VS SOHC

Demikian obrolan kali ini, untuk para duluryang bisa menambah wawasan tentang permesinan mohon pencerahannya

Semoga ada yang nimbrung…eh bermanfaat

Wassalamualaikum