Yamaha R25 VS Ninja 250…. Bukti Pentingnya Diferensiasi Dan Mindset

suzuki
ninja dan R25
ninja dan R25

Yola dulur yang budiman….. Deka mendapati fakta bahwa di tahun 2015 ini Kawasaki Ninja 250 fi menjadi motor yang paling digemari di kelas sport 250 cc. Pendatang baru dari Yamaha, R25 belum bisa mendekati Ninja 250 secara penjualan. Dari fakta tersebut deka beropini bahwa di sebuah segmen motor yang sama, diferensiasi dan mindset sangatlah penting.

Pada bulan-bulan awal peluncuran R25, enthusias publik motor sport bagaikan angin puting beliung ( baca: peuting beliung ) hebohnya. Motor sport 250 cc yang menawarkan mesin baru, lebih oke secara performa, lebih lincah, lebih irit. harga lebih rendah daripada ninja 250 sang status quo. Kelas sport 250 cc yang merupakan kelas tinggi di negeri ini terpusat hanya di dua motor tersebut. Fokus publik motor di R25 dan Ninja, membawa korban kolapsnya motor lain di kelas yang sama milik pabrikan motor kelas wahid…. Honda cbr 250.

Untuk CBR 250 sendiri deka nggak heran kalau langsung nungging penjualan maupun penggemarnya. jelas secara mindset nggak masuk publik motor di sini. Mau gembar-gembor ini motor canggih, efisien, juara sirkuit, mindset publik tetaplah mindset. Kelas 250 cc adalah Moge inisiasi….. aura moga haruslah kental ( kalau istlilah wannabe moge dianggap pelecehan ). Moge harus twin silinder bersuara stereo, bodi besar.

gulf oil

Lha kalau gitu….. kenapa R25 yang twin silinder  bersuara stereo nggak bisa menumbangkan Ninja? kalau pertanyaan tersebut muncul, kita harus membaca fakta bahwa setelah peluncuran R25 tersebut, pihak yamaha sendiri mengalami disturbia internal. Apa itu? hmm…..deka cuma bisa ngasih clue, petunjuk…. Pak Eko Prabowo Ke Pak Masykur…….. dah….. itu saja…..

ninja dan R25
ninja dan R25

Itu baru segi Internal yamaha…. yang lebih penting lagi, yamaha gagal mengalahkan Mindset publik motor kalau motor sport keren itu Ninja. yamaha belum bisa menakhlukkan aura Ninja di benak publik. Jadi percuma dong mesin twin silinder? jawabannya TIDAK….. tapi itu baru paket wajib kelas sport 250, harus ada differensiasi spesial untuk mengalihkan minat publik ke Ninja. Mesin lebih unggul, agility joss belumlah cukup untuk merebut mindset “keren” Ninja.

Lihatlah sektor bodi…. yang beraura moge yang mana? yang hijau atau yang biru?? jangan tanya ke ahlinya… tanya ke masyarakat awam…… mereka jelas akan bilang NINJA. So…. seharusnya yamaha menguatkan diferensiasi di sektor bodi, bukan mengekor yang sudah ada…. moge look seperti ninja, mesin seperti R25 sekarang. Sedangkan diferensiasinya adalah ciri khas utama yamaha….. Deltabox. That’s simple…. seperti yang deka angkat di beberapa artikel yang lalu, motor baru harus menyajikan paket utuh dari desain serta mesin, bukan hanya sepilah-sepilah.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum