Yamaha Mio Irit, Ketika Ilusi Itu Menjadi Nyata

suzuki

Yola dulur…. mendengar nama metik keluaran yamaha, Mio…. dalam benak banyak orang pasti langsung mengarah ke sebuah metik yang konsumsi bbm-nya boros. Motor merk yamaha atau suzuki,secara umum  sudah kadung dicap sebagai motor yang boros bbm. Motor yang boleh irit hanya merk honda, selain itu pasti akan dipertanyakan kesahihan data kalau motornya ternyata irit. Motor yamaha, mio konsumsi bbm-nya irit pasti akan didebat banyak orang, mio irit itu ilusi…. boongan, hanya omongan sales.

mio 125 bluecore
mio 125 bluecore

Sebenarnya cap mio boros ini tidak terlepas dari edisi awal mio yang memang dianggap boros bbm untuk ukuran motor 4 tak. Deka sendiri sedikit tahu sumber keborosan mio generasi awal…. salah satunya, kompresi mesin yang terlalu rendah untuk ukuran motor 4 tak. Kompresi mesin hanya 8:1, hampir mirip kompresi mesinnya mesin 2 tak setting balap. Mungkin yamaha sendiri punya strategi memakai kompresi rendah tersebut di mio….. agar premium ready tanpa bantuan tehnologi anti knocking.

Setelah perubahan menggunakan injeksi yang menggunakan tehnologi ym-jet pun, mio sangat sulit untuk lepas dari jampi-jampi sebagai metik boros. Entah siapa yang menanamkan mindset tersebut, yang jelas sangat kuat pengaruhnya. Mio ym-jet pun deka anggap sudah termasuk metik irit, namun versi mio bluecore ternyata memberikan keiritan yang lebih dibandingkan versi sebelumnya, walaupun keiritannya menurut deka nggak jauh-jauh amat dibandingkan ym-jet.

Salah satu Ilusi kalau mio sebagai metik boros roboh dan menjadi kenyataan dialami oleh kerabat deka sendiri, yaitu kakaknya istri deka. Doi dari dulu minded merk honda, motor itu honda, pengin irit beli motor honda. Namun sang anak perempuannya yang manis keukeh ingin beli motor mio, dan si kakak nggak bisa memaksakan kehendaknya, lha wong yang beli anaknya sendiri pakai duit dia sendiri. Akhirnya hanya membantu proses pembelian dan ikut memakai mio bluecore saat menjemput anak perempuannya saat pulang kerja shift malam.

mio 125 bluecore
mio 125 bluecore

Setelah memakai lebih dari 3 bulan, dari testimoninya ke deka, dengan semangat 45 si kakak bilang : Mio sekarang kok irit banget ya??? kirain boros….. pakai 2 liter bensin buat cisaat- cirebon bolak-balik 2 kali ( 1 x pp 30 km )  masih sisa banyak…..bisa buat antar jemput si Neng berkali-kali…. Nah loh…… bener kan, selain merk honda, motor irit dianggap hal yang aneh dan bikin heran….. dan deka yakin, opini seperti itu buanyak terjadi di publik negeri ini.

Itulah hebatnya penggiringan mindset dalam bisnis motor, siapa pegang mindset walaupun hanya sebatas opini dan retorika, namun yang berhasil menanamkan kuat di pikiran masyarakat, dialah yang dianggap paling benar. Itulah ilusi yang disebarkan agar pikiran meyakini ilusi tersebut sebagai realita. Dan itu perlu daya upaya yang canggih untuk membuyarkannya.  Siapa yang masih dalam dunia ilusi???

Bonus… secret alibi…. by helloween

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil