Yamaha Kembali Menjadi First Mover, Kali Ini Jenis Bastard Entry Level

suzuki

Yola dulur…. deka berikan salut pada pabrikan dengan lambang garpu tala ini. setelah memberikan lompatan di klan vixion di tahun 2008, kelas metik dengan mio dulu, medium skutik harga terjangkau N-max, kali ini mereka menjadi first mover dengan mengeluarkan motor standard ( naked ) kelas entry level ( 150 cc ) dengan jenis menurut deka adalah motor jenis Bastard. Hal ini seperti harapan deka dulu di artikel

Mungkinkah Segmen Motor Lokal “BASTARD” Ada Di Marih ?

mt 15 by google
mt 15 by google

Entah mau dinamai apa natinya motor ini, entah Mt150, entah vixion ultimate, entah apa aja namanya, yang jelas desain seperti ini yamaha kembali memberikan pilhan baru akan sebuah motor standard. Untuk sementara sebut saja MT150. Sebenarnya Kawasaki sudah memulainya dulu dengan z250, menurut deka motor itu sudah mewakili jenis bastard, sayangnya dengan bandrol 40an juta, membuat demand motor tersebut kurang.

Yang belum paham istilah deka tentang motor jenis bastard, mungkin akan deka terangkan sedikit. Jenis bastard menurut deka sebenarnya menacu pada jenis motor Hooligan di eropa maupun di amrik sono. Beberapa contoh motor hooligan adalah   KTM 1290 Super Duke R,  MV Agusta Rivale, untuk motor jepang kalau deka boleh tunjuk, Suzuki Bandit.

081414-Motorcycle-year-winner-2014-ktm-1290-super-duke-r-633x422

gulf oil

Motor bastard jelas harus motor naked, street fighter, menonjolkan kemachoan dan maskulinitas, lincah, kesan mengintimidasi. Untuk soal performa mungkin dinomorduakan, namun kudu punya torsi melimpah. Menurut deka, dulu RK king mungkin bisa menjadi representasi motor bastard. Image motor bastard memang terkesan buruk karena representasi keliaran dan kebrutalan, namun sebagian publik motor barat sono suka akan kesan ini karena mewakili sisi liar laki-laki….. sisi nakal dari maskulin.

Motor bastard tidak harus ganteng, lebih cenderung menonjolkan kesan sangar karena seperti mengintimidasi saat melihat motor ini. Memang saat ini ada byson dan megapro di kelas fighter, namun menurut deka masih kurang pakai bangetz kesan fighternya…..yah….. masih seperti motor standard saja, hanya desainnya lebih macho, khususnya byson.

M-Slaz lamp

Apakah MT-15 ini akan menjadi motor yang banyak digemari? deka nggak bisa jawab karena keinginan konsumen disini susah ditebak. kadang awalnya antusias, namun setelah itu “mak plenthus”….. hangat-hangat tahi ayam, mudah bosenan. apalagi segmen bastard ini emang dasarnya menyasar segmen yang sempit. Sebuah tantangan bagi yamaha untuk memelihara trend motor bastard, streetfighter, hooligan di negeri yang terkenal latah ini…..

mt15

Oh iya….. melihat shroud MT-15 ini deka kok jadi inget TVS Draken ya….. itu bastard juga lho ya….. Ingat yamaha…. Fitur wajib bastard adalah TORSI gede……..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum