Yamaha Ingin Merebut Tahta Metik Kembali Dengan Mio Bluecore?

suzuki

Yola dulur…. spyshot metik yamaha baru yang disinyalir adalah new gen Mio, salah satunya bisa di cek dimarih . Metik ini mengalami evolusi disektor bodi, karena sebelumnya genmio menganut desain sedikit membulat,  menghindari sudut menajam.

next gen mio ( courtesy tmc blog )
next gen mio ( courtesy tmc blog )

Sedangkan metik baru ini desain bodinya penuh dengan sudut-sudut tajam nan sporty. Apakah benar ini Mio gen baru? arahnya sih keknya seperti itu. Jelas masuk akal karena metik yamaha sangat idetik dengan mio, si mio lah metik pertama yamaha yang diluncurkan di sini. Dan melalui miolah yamaha bisa mengangkangi Honda secara penjualan total motor nasional. Sejarah mio versi enteng-entengan namun berdasar fakta bisa dilihat kembali di artikel deka disini.

Di lain sisi, petinggi yamaha juga sepertinya masih geregetan dengan kelas metik ini. Sudah kita ketahui bersama bahwa penguasa kelas metik ini dikudeta oleh AHM dengan klan beat dan vario mereka. Sedangkan pembuka pasar kelas metik adalah yamaha dengan mio-nya, dan biasanya pioner di pasar akan menjadi mindset publik, bilang metik ya mio. Tapi situasinya berbeda saat ini, mindset metik is mio hilang tak berbekas dibleaching oleh beat 😀 . Sudah banyak cara digunakan oleh yamaha untuk merebut kembali kelas metik ini,termasuk diversifikasi produk metik. Tak terhitung jenis metik mereka gelontorkan, namun……. anda bisa  lihat sendiri dari hasil penjualan AISI maupun metik mana yang paling banyak terlihat di jalan.

next gen mio (courtesy tmc blog)
next gen mio (courtesy tmc blog)

Rasa ingin merebut kembali kelas metik ini mencuat kembali saat pak Eko Prabowo diwawancarai oleh detikoto beberapa waktu yang lalu.  GM Marketing Communication and Community Development Yamaha Indonesia, Eko Prabowo yang sudah mengundurkan diri dari YIMM, menuturkan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk kembali merebut segmen motor matik.

“Doakan saja yang terbaik, agar kami bisa kembali merebut market matik lagi,” kata Eko di sela-sela acara Fun Adventure Yamaha R25 Keliling Belitung.

Untuk menunjang itu semua, Eko melanjutkan Yamaha tidak tinggal diam, Yamaha sedang mempersiapkan motor-motor matik terbarunya yang akan diluncurkan di pasar roda 2 nasional. Sayangnya, Eko enggan membeberkan calon motor matik terbarunya yang nanti akan di pasarkan di Indonesia.

“Sedang kami persiapkan, namun belum bisa bicara banyak untuk ini. Nanti akan ada waktunya untuk kami informasikan kepada masyarakat luas,” tuntas Eko bertutur.

bluecore mio engine
bluecore mio engine

Di lain sisi juga, yamaha internasional sedang melakukan evolusi mesin dengan tag Bluecore dimana efisiensi menjadi fokus utama. Mesin bluecore meliputi semua mesin dari moped, metik, sampai kelassport mereka. Salah satunya sudah dipakai di motor seri FZ, sedangkan metiknya sudah dipassang di motor Nozza Grande, silahkan cek di artikel ini.

Yang jadi pertanyaan, apakah mio gen baru ini akan menggunakan mesin blue core mereka? hmmmm mari kita lihat bersama nanti karena spyshot ini agak gelap di sektor mesin, kalau iya berarti memang akan menjadi tanda kalau yamaha berambisi merebut pasar metik. Wallahualam….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

12 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha, Sementara Menjadi Second Hand Hero Dulu, Itu Lebih Bijak | 78deka

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*