Yamaha Dan AHM Dinyatakan Bersalah Di Sidang Kartel

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Ada info dadakan soal sidang kasus kartel penjualan motor yang melibatkan pabrikan honda (ahm) dan yamaha. Ngadimin kira, bakalan lolos tuh 2 pabrikan motor besar tersebut. Eh ternyata di era pak jokowi ini persidangan hukum lebih galak, seperti halnya kasus kartel ayam yang dinyatakan bersalah, honda dan yamaha tidak bisa lolos dari jerat hukum juga.

Seperti dilansir oleh portal berita detik.com, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) hari ini memutuskan, bahwa dua produsen yang diduga melakukan kartel di segmen motor skutik, yaitu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan PT Astra Honda Motor (AHM). Dinyatakan bersalah dan terbukti melakukan kerjasama dalam pengaturan harga jual skutik 110cc-125cc.

“Menimbang berdasarkan bahwa fakta-fakta kesimpulan dan analisis serta UU Menyatakan bahwa terlapor 1 (PT YIMM) dan terlapor 2 (PT AHM) terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 5 ayat 1 UU no.5 tahun 1999,” kata Ketua Majelis Komisi, Tresna Priyana Soemardi, di Ruang Sidang KPPU, Jakarta, Senin (20/2/2017).

 

Dengan ketokan palu pak hakim ini berarti honda dan yamaha wajib membayar denda hukuman sebesar 25 milyar rupiah untuk yamaha dan 22,5 milyar rupiah untuk ahm. Weh…. enteng segitu mah untuk sekelas mereka. Lha wong kartel ayam saja yang kapitalnya ndak sebesar motor hukumannya juga di kisaran 20an milyar kok. Jadi ndak begitu pengaruhlah buat keuangan yamaha dan ahm….Kek slilit doang itu mah…..

Tinggal apa nanti efek konkrit bagi konsumen motor segmen metik low entry… apakah akan terjadi koreksi harga jual produk metik yamaha dan ahm? yah… mari kita simak bersama saja….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

7 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Tak Ada Pengembalian Uang Kasus Kartel Motor 110-125? Jangan Salahkan Yamaha Dan Honda Dong - 78deka.com

Leave a Reply