Unofficial Issue : Kenapa Suzuki Susah Keluar Produk Baru?

suzuki
suzuki

Yola dulur yang budiman… Minal aidzin wal faidzin dulu, mohon maaf lahir bathin. Pas lebaran, kita ngegossip pabrikan suzuki yuk. Tapi ini unofficial issue ya… Bukan resmi. Kenapa kok suzuki itu susah keluarkan produk baru.

Isu non resmi atau bukan statment asli, karena opini ini muncul ketika ngademin ngobrol enteng-entengan dengan ” beliau “, tokoh papan atas yang mengurusi produk motor suzuki di Indonesia. Karena unofficial, maka takaran kebenarannya, ya entah berapa persen.

Namun kalau disambung-gathuk kan, atau dicocok-cocokkan, sekilas kok ya masuk akal. Apalagi jika dilihat kasusnya selama 2 tahun belakangan ini.

Sebagai tukang kompor suzuki, ngademin itu kadang geregetan. Suzuki global, bela-balain masuk ke balap motogp dimana sampai mengorbankan balapan kelas dunia lain agar dananya mencukupi. Ketika nama ” Brand ” suzuki terkerek naik dengan capaian di motogp kok tidak dibarengi dengan peluncuran atau pembuatan motor barunya. Dimana ” Sunday Racing, Monday Selling nya “? Debat ngademin. Apa ndak sayang tuh missing the moment?

 

gulf oil

Beliau dengan segala kebijaksanaannya menjawab panjang, namun hanya satu frase saja. Kemudian tidak dilanjutkan lagi, dan meminta obrolan enteng-entengan saja.

” Orang diluar skup pabrik tentu wajar bertanya seperti itu. Maunya ada motor baru, produk baru. Tetangga ngeluarin motor baru, suzuki harus punya produk pesaing biar tak ketinggalan jaman. Apalagi fans suzuki, tentu kita hargai itu masbro.

Masalahnya, semua itu butuh infrastruktur produksi. Masbro tentu ingat bahwa plant kita itu untuk suplai area ASEAN, belum lagi titipan untuk pasar global seperti gsx series dan address. Resource kita sudah full untuk itu. Kita juga pusing. Jika ditambah produk baru, mau dirakit dimana lagi? Bantar Gebang?

Wuahahaha😂😂, ini jawaban yang ngademin anggap ngeles… Tapi bisa jadi itu juga benar. Memang faktanya plant motor suzuki tambun memang untuk support kawasan asean. Sedangkan plant Malaysia sudah tutup. 

Untuk membuat plant baru? Waah… Ini tentu kebijakan lebih komplicated lagi karena sudah menyangkut bigfather hamamatsu sana.

Ngademin harap sih bukan berarti berhenti sampai disitu jawabannya. Soale, denger-denger suzuki mau mengeluarkan motor baru pasca lebaran ini… Bahkan ada 2… 😄😄. Muehehehe…. Mungkin produksinya dijejel-jejelin biar bisa bikin tuh motor….

Mungkin lho ya… Apalagi address new juga sudah mengantri…. Metik 125 cc juga… Bantar gebang… Mana bantar gebang? 😁😁.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum