Ulangan : Riding Sensation Yamaha Lexi 125 Dan Detail Dalam Gambar

suzuki

Yola dulur yang budiman…. masih dalam saga terhapusnya artikel dalam seminggu, kini ngadimin mennulis ulang, bagaimana testimoni riding sensation atau riding qualiti metik baru yamaha, Lexi125. Agar lebih detail, maka akan ngadimin sajikan pula detail metik baru tersebut dalam banyak gambar yang berhasil diabadikan dalam acara Blue Core yamaha motor show di Grage Cirebon beberapa waktu yang lalu.

Sekilas, ngadimin menceritakan bagaimana rasa berkendara yamaha lexi 125 secara sesaat itu. Saat first sense, first seeing, yamaha lexi 125 ini mengingatkan metik kelas medium yamaha, N-max 155 yang dimensinya dikecilkan menjadi 125 cc. Sensasi riding dari yamaha Lexi 125 sangat berbeda dengan metik-metik yamaha sekelasnya. Jika selama ini metik yamaha di kelas 125 cc kebawah serasa stif, keras suspensinya, maka di Lexi 125 terasa nyaman. Menurut ngadimin ini seperti kombinasi metik yamaha dengan rasa metik-metik AHM. Sepertinya yamaha sudah mulai mendengar masukan dari publik di Lexi 125 ini.

N-Max sepertinya menjadi acuan untuk proyek lexi125 ini. Selain kesuksesan dalam penjualannya, ergonomi nyantai di N-max dibawa ke lexi 125. Sektor dek atau ruang kaki begitu lega untuk metik 125 cc. jika dengkul anda bisa mentok saat mengendari vario 125, maka resiko mentok dengkul itu lebih kecil saat mengendarai lexi125.

Rasa yamaha N-max kecil serasa saat pertama kali anda duduk diatas saddle dari yamaha lexi125. Jok yang lebar empuk khas jok motor yamaha, dan desain setang, konsol speedo, serta visor depan memang terasa sekali gaya N-Maxnya. Konsol speedo full digital, dengan indikator sangat lengkap.  Dan sepertinya metik 125 cc pertama yang menggunakan indikator rpm.

Saat ngadimin test riding, rasa dari motor yamaha masih kental, yaitu lincah dan mudah diajak bermanuver. Duduk terasa nyantai, dan untuk diajak bermanuver, dibandingkan dengan seekor honda beat, lexi seringan itu. jadi jika dibandingkan dengan vari0 125, lexi terasa lebih Agile….. dan lebih ringan.

Sektor lampu juga menampakkan bahwa lexi adalah metik dengan gaya modern. hal ini ditunjukkan dengan headlamp yang full LED, serta lampu stoplamp yang LED pula.

Untuk sektor kaki-kaki, yamaha sepertinya sudah belajar dari kebudegan gaya lamanya. Selain suspensi yang dibuat lebih nyaman dengan model subtank, ukuran roda lexi juga lebih besar dibandingkan metik 125 cc lama mereka. Kini di Lexi125, ban yang digunakan adalah 100/90/14 untuk ban belakang, dan ukuran 90/90/14 untuk bagian depan. dengan ukuran ban seperti ini, sektor kaki tidak kelihatan cungkring lagi. Sektor kaki menjadi lebih kekar.

 

Untuk sektor pengereman, jelas khas yamaha soal kepakemannya. Tinggal “NIL” rem langsung bekerja secara ringan. Oh iya…… fitur standar metik seperti parking lock, side stand switch tetap ada ya.

Sedangkan fitur baru yang ada di Lexi 125 ini adalah silent starter. jadi saat tombol stater dipencet, tidak terdengar suara gear stater. sepertinya menggunakan sistem seperti metik-metik ahm yang esp itu, stater langsung memutar bagian crankshaft, tidak menggunakan gear stater dari dinamo stater. Sistem kunci kontak yang ngadimin coba sih sudah menggunakan keyless sistem. jadi tidak menggunakan kunci, tapi remote sensor. Kunci kontak berbentuk knob yang terintegrasi dengan pembuka bagasi dalam.

 

Ada fitur yang benar-benar baru di yamaha Lexi125 cc ini, ada tombol auto di konsol stang sebelah kanan. Mungkin inilah fitur smart stop sistem yamaha yang sekarang diaplikasikan. Sistem yang membuat mesin akan mati sendiri saat iddle beberapa waktu, kemudian menyala sendiri satt throttle gas dipelintir. Hal ini bisa diaplikasikan karena sistem staternya yang tanpa gear tersebut. Kembali mirip dengan sistemnya metik ESP AHM.

Untuk bagasinya sendiri, sepertinya Lexi 125 hanya cukup untuk 1 helm saja, tidak sebesar punya N-Max atau vario 125. Namun jika dibandingkan milik mio ya lebih besar sedikit lah.

Untuk sektor mesin, dari info yang masuk ke newsroom sih menggunakan mesin aerox/N-max yang cc-nya diperkecil menjadi 125 cc. Mesin 125 cc, 4 valve, liquid cooled, with VVA. Cukup advance untuk ukuran metik 125 cc yang umumnya masih 2 valve konvensional.

So…. jika  anda mengidamkan sebuah metik dengan rasa N-Max dengan dimensi kecil, maka yamaha Lexi 125 adalah pilihannya. Sebuah metik 125 cc kaya fitur dengan bandrol sekitar 19 sampai 22 juta tergantung variannya. Apakah kemahalan untuk ukuran metik 125 cc? Jangan tanya ke ngadimin yak… Soalnya buat ngadimin harga-harga metik yamaha dan AHM memang terlalu mahal… all varian…. pokoknya turunin harganya 2 jutaan, baru ideal deh….. :mrgreen:  :mrgreen:  :mrgreen: ….. dasar ngadimin pelit.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil