TVS Draken, Initial Bomb Untuk Membuka Pasar TVS

bmw tvs
suzuki

Yola dulur…..sudah lama dekan nggak nowel merk motor satu ini. Padahal merk ini pernah sangat berkesan di hati deka beberapa tahun yang lalu. Ya waktu itu deka pernah mencoba sensasi tarikan RTR-nya Apache 160 yang mengingatkan ane pada tarikan RX king versi 4 tak.

bmw tvs
bmw tvs

Waktu itu deka juga memelihara bebek TVS Neo X3-i yang over-all puas diluar fitur vibrasi stangnya yang bisa bikin orgasme tante-tante nakal kesepian 😀 😛 . Soal finishing, kualitas mesin dan body wes jangan ditanya, mantab habis. Yang masih ngebece berarti cuma katanya-katanya dan belum pernah lihat dan merasakan sendiri.

Yah…mungkin karena faktor non Jepang dan belum tertatanya jalur distribusi dan maintenance, serta keterbatasan kapital (baca: modal)yang membuat TVS seperti terjebak di rawa penuh lumpur hisap. Padahal merk ini mempunyai potensi yang sangat besar, bahkan cenderung menakutkan jika bicara pabrikan India. Saat masih mewarisi tehnologi Suzuki saja sudah mampu membuat motor dengan kualitas wow, apalagi dengan kolaborasinya sekarang dengan BMW motorad.Dan kerjasama ini sepertinya sangat bonding dalam waktu yang lama. Nanti dibahas di artikel terpisah.

tvs-apache-180-
tvs-apache-180-

Diluar produk, TVS menakutkan karena di India sendiri mempunyai basis konsumen yang militan…. sebuah modal utama bagi merk untuk mendobrak pasar. Begitu juga sebaran motornya hampir terdistribusi di seluruh dunia walaupun untuk negara-negara berkembang dan negara ketiga, namun itu sudah cukup menjadi basis distribusi global. Secara pelayanan konsumen sendiri TVS kalau sudah establish atau mapan sangat memuaskan, masih ingat kasus di India saat penggemarnya minta Apache lama diproduksi kembali karena kurang puas dengan desain barunya? TVS langsung merespons dengan positif.

gulf oil
tvs_draken concept
tvs_draken concept

Bagaiamana dengan di marih? diakui atau tidak TVS di marih lagi proses pendobrakan pasar, atau bahasa umumnya merintis jalan. Sudah hampir delapan tahun TVS menjejakkan kaki di marih, namun jalan seperti belum terbuka. Yups kalau deka boleh beropini, ini karena TVS nggak punya produk yang mempunyai efek “wow” yang bertugas untuk mengebom, meratakan medan agar pembuatan jalan lebih lancar. Apache  gagal secara desain untuk menarik biker di marih, bebeknya lahir salah weton di mana sedang terjadi transisi perubahan selera dari bebek ke metik.

tvs-draken lamp
tvs-draken lamp

Nah mumpung ada TVS Draken ini di pameran PRJ, banyak lho yang terkesima dengan desain dan fitur-fiturnya. Sekarang TVS jauh nampak lebih Eropa Taste dibanding saat Suzuki taste dulu. Mungkin hanya tinggal revisi shroud Draken yang masih nampak over taste tersebut. Rangka kombinasi twin perimeter dan teralis khas eropa mengingatkan deka dengan frame Triumph Speed Triple, keren klasik. Arm belakang meskipun bukan banana namun nampak keren sebagai kesatuan desain. Suspensi up side down, mesin tehnologi BMW, lampu asimetris khas BMW. Apalagi nanti kalau mesin tersedia 250 dual silinder, syukur-syukur harga di 30-35 juta, ane bisa langsung bersimpuh memohon ke bini untuk meminang nih motor 😀 😀 .

tvs draken
tvs draken

So…. Ini ada sebuah opsi untuk mendobrak mindset tentang motor sport konsumen dimarih. Draken ini menurut deka masuk dalam kriteria motor pendobrak pasar. Apakah berhenti di sini? Tidak, segmen metik belum dibahas. Dan metik pendobrak milik TVS ada, bahkan sejak beberapa waktu yang lalu, tinggal direvisi desainnya saja, apa??? nanti di artikel terpisah….

Bonus….. Highway To Hell….By AC/DC  dan ane menyebutnya ini The REAL ROCK  music and show

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

TVS Draken, Initial Bomb Untuk Membuka Pasar TVS

bmw tvs
suzuki

Yola dulur…..sudah lama dekan nggak nowel merk motor satu ini. Padahal merk ini pernah sangat berkesan di hati deka beberapa tahun yang lalu. Ya waktu itu deka pernah mencoba sensasi tarikan RTR-nya Apache 160 yang mengingatkan ane pada tarikan RX king versi 4 tak.

bmw tvs
bmw tvs

Waktu itu deka juga memelihara bebek TVS Neo X3-i yang over-all puas diluar fitur vibrasi stangnya yang bisa bikin orgasme tante-tante nakal kesepian 😀 😛 . Soal finishing, kualitas mesin dan body wes jangan ditanya, mantab habis. Yang masih ngebece berarti cuma katanya-katanya dan belum pernah lihat dan merasakan sendiri. (lebih…)

gulf oil