TT Heroes : Dan Kneen Dari Tyco BMW Tewas

suzuki

Yola dulur yang budiman… baru beberapa jam ngadimin mengatakan welcome to tt isle of man, poetry in motion,  balapan setor nyawa tersebut memang seperti itu. Dan kali ini pembalap yang termasuk veteran, pengalaman, Dan Kneen dari team Tyco BMW tewas dalam sebuah kecelakaan.

Buat yang baru kenal TT IOM, tentu akan bertanya, kenapa balapan seperti ini tidak ditutup saja? Well… bicara TT IOM berarti kita bicara balapan yang jauh lebih tua dari motogp. Dan dari pertama kali diselenggarakan, memang tidak pernah absen untuk setor nyawa pembalapnya untuk balapan di akherat. Sudah ratusan pembalap yang Tewas.

Namun itulah resiko, dan dari awal sudah ada klausul tentang kematian tersebut. Balapan TT IOM bukanlah balapan untuk sekedar mencari uang kemenangan, piala. Namun prides and glory, serta pesertanya disaring sangat ketat. Ada perjenjangan dan uji screening yang tidak membolehkan sembarang pembalap bisa turut serta… even dia pembalap motogp.

gulf oil

Dan Kneen sendiri adalah pembalap TT yang termasuk populer di ajang ini. Dia mulai debutnya mulai tahun 2008 di ajang Manx Grandprix, memenangkan 3 seri di kelas junior, Newcomer C, dan Ultralightweight di MGP.

Di tahun 2017, Dan Kneen merasakan podium sekali di TT isle of man kelas Superstock, dan kecepatan tertingginya adalah 130.347mph.

Usahanya berbuah sukses dengan direkrutnya dia ke team besar seperti Tyco BMW di tahun kemarin. Pada sesi latihan kedua, dia merupakan kandidat pemenang dengan menjadi 3 tercepat saat sesi latihan, dengan topspeed 132.258mph.

Sayangnya saat sesi pembuka di sore ini, dia mengalami crash di spot ” Churchtown “. Red flag langsung dikabrkan, namun saat team medis datang, nyawa Kneen sudah keluar dari badannya….. RIP Dan Kneen……..

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum