Tiga Tehnik Mengangkat Motor Ambruk Yang Efektif

suzuki

Yola dulur yang budiman…. dalam dunia permotoran tentu tidak selamanya ideal. Kadang mengalami yang namanya apes, motor ambruk entah karena terjatuh karena kecelakaan atau ambruk sendiri karena pondasi tanah ambles, motor jatuh saat distandardkan. Kali ini ngadimin menemukan tiga tehnik mengangkat motor yang ambruk secara efektif.

Efektif disini berarti meminimalisir tenaga yang dipakai agar motor yang awalnya posisi ambruk menjadi berdiri diatas 2 rodanya. Efektif bukan berarti tenaga yang dipakai sedikit. Kalau memang motornya berat, ya tentu perlu tenaga besar pula. Tapi meminimalisir tenaga yang terbuang dengan tehnik yang tepat.

Lho…. itu kan buat motor besar, moge….kalau motor moped, metik, 150 cc eces lah, nggak perlu tehnik. Bener…. tapi dengan tehnik yang benar, maka mendirikan motornya butuh tenaga yang lebih kecil.

Sudah banyak memang tehnik mengangkat motor yang ambruk. Disini bukan ingin mendebat mana yang paling benar. Disini hanya ingin memberikan cara, tehnik mengangkat dan mendirikan saja. Silahkan pilih mana yang paling pas dan cocok dengan anda.

Yang pertama adalah saat motor ambruk ke sisi kiri. cara yang pertama adalah dengan mengangkat dengan hanya melalui stang saja. Tehniknya dasarnya menjadikan batang stang sebagai pengungkit. Caranya : stang dibelokin mentok ke kanan, kemudian kita angkat motor dengan kedua tangan di handle stang sebelah kiri.

Cara yang kedua atau cara alternatifnya dengan membelakangi motor, kemudian diangkat seperti kita mengangkat gerobak gerobak dorong dari depan. Caranya : stang dibelokkan mentok ke kiri, duduk di sadle motor menghadap ke kiri, angkat motor dengan tangan kanan pegang stang sebelah kiri dan tangan kiri di bodi motor. Saat terangkat setengah, anda bisa membantunya dengan mendorong dengan pantat anda, sehingga tenaga dorong lebih besar.

Sedangkan jika roboh ke kanan, kebalikan dari cara diatas. Hanya saja standard bisa anda buka dulu untuk menghindari motor terguling ke kiri.

Untuk lebih detail dan jelasnya, silahkan lihat video di bawah ini.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum