Tes Water Methanol Bubbler Aktif : Khilaf Keenakan Jadi Balap Xabre

suzuki

Yola dulur yang budiman… Mumpung hari libur, ngerjain proyek water methanol bubbler aktif. Dan langsung tes jalan Bogor – Jatipadang Jakarta. Sempat khilaf ngebalap yamaha xabre karena keenakan.

Seperti biasa… Daripada bertanya-tanya tentang Water bubbler inject, silahkan buka link dibawah ini.

Seperti disinggung diatas, akhirnya ngademin membuat water bubbler sistem aktif. Yang membedakan dari versi lama adalah port intakenya. Tidak lagi di intake manifold/ setelah throttle body, namun di depan throttle bodi. Yaitu di box filter udara setelah filter/ depan moncong throttle body.

Hasilnya, gejala setingan lean atau kering sekarang teratasi. Respons mesin saat rpm naik menjadi lebih smooth tanpa gejala brebet di rpm 5000. Untuk menambah efek, ngademin mencampur air dengan methanol atau ethanol sebanyak 50%. Ditambah dengan minyak sitronela untuk campuran pertalite.

Selama tes jalan, sebenarnya ngademin ingin riding gaya komuter, rpm pertengahan antara 5000-8000 rpm. Apalagi dulur pasti tahu lah… Bagaimana kondisi jalan raya bogor-jakarta-pasar minggu- jatipadang. Meskipun ngga pas jam macet, namun cukup ramai. Ngademin ingin melihat konsumsi bbm dengan modifikasi seperti ini.

Namum sayangnya, selepas lampu merah sebelum pasar cimanggis ( lampu merah jembatan tol arah depok ) ada motor xabre dengan knalpot racing war…wer…wor. Ngademin cuekin saja… Paling anak muda pulang dari turing. Nampak dari kondisi motor dan stiker klub yang tertempel di motor. Tapi ketika melihat gaya ridingnya yang slonang-slonong sambil war..wer..wor bleyar-bleyer, akhirnya ngademin tes akselerasi si gipsy danger di kondisi jalan ramai dan stop and go sekalian ngelayani tuh motor war..wer..wor..

Hasilnya cukup memuaskan. Dengan semua modif ringan yang ngademin lakukan, gsxr150 cukup responsif di kondisi stop and go. Tarikan cukup terasa menyentak dan mampu melayani tuh xabre untuk akselerasi dan meliuk-liuk di keramaian jalan. Pasca sebuah pom bensin setelah mall cimanggis ada kesempatan ruang kosong di depan. Betot gas main rpm atas dan bablas menyalip xabre. Sampai pasar rebo, suara knalpot racing xabre jauh dibelakang.

Setelah sampai jatipadang, mencoba cek konsumsi bbmnya. Hasilnya cukup memuaskan melihat gaya riding tadi… Menempuh jarak 42,5 km, MID menunjukkan angka 44 km/L.

Yang paling memuaskan, respons mesin cukup bagus meskipun bbm hanya pertalite. Tarikan enteng, tidak menunjukkan gejala brebet. Suara mesin adem tanpa panas berlebih….. Untuk modifikasi murah, cukup memuaskan…. Besok ngademin buatkan skema water methanol bubbler aktifnya.lebih sederhana daripada model vacuum.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply