Tes Valencia : Suzuki GSXRR 2020 Topspeed Naik Dan Lebih Lincah

suzuki

Mengikuti sesi uji tes valencia itu sangat menarik. Untuk melihat perkembangan motor untuk musim berikutnya. Dari tes dua hari tersebut, motor suzuki gsxrr 2020 diklaim mempunyai topspeed lebih bagus dan lebih lincah.

Team suzuki ecstar sendiri membagi uji coba 2 hari kemarin menjadi 2 sesi. Hari pertama untuk mencari data komparasi antara spek motor 2019 dengan 2020. Alex Rins dan Joan Mir saling bergantian mencari data pembanding perbedaan motor lama dengan baru. Masing-masing membalap dengan dua macam motor secara limit, kemudian dibandingkan.

Hasilnya, motor spek 2020 lebih prospek. Atau pengembangan motor untuk musim 2020 sudah sesuai trek…. Progress. Sebenarnya bukan motor baru amat. Yang benar-benar baru adalah sektor mesin. Untuk 2020, suzuki membuat mesin baru sesuai input pembalap di awal musim 2019. Dan pernah disinggung ngademin, suzuki gsxrr belum punya ” faktor pembunuh “.

Dari hasil tes hari-1 didapat bahwa mesin baru punya potensi lebih baik soal top end atau topspeed. Tapi reaksi mesin lebih smooth. Sehingga saat keluar tikungan, ban lebih mendapatkan traksi. Tidak spin berlebihan. Nah hasil hari pertama, alan disinkronkan dengan sistem elektronik dan dites di hari kedua.

gulf oil

Mesin default 2020 belum tersinkron dengan sistem elektronik dan penambahan part-part baru serta sasis baru. Di hari kedua tes pun, suzuki baru mulai mensetting elektronik serta tambahan part di sektor sasis. Belum memakai sasis baru dan part-part bodi upgrade.

Dan hasilnya, Rins dan Mir lebih cepat sekitar 0,5-0,6 detik lebih cepat dari hari pertama. Dari data pembalap, suzuki gsxrr 2020 punya topspeed lebih baik ( Rins ) dan secara handling lebih smooth, lebih stabil di tikungan, lebih mudah mendapatkan traksi, lebih jinak dikendarai ( Mir ).

“The engine at the moment looks quite nice,” he said. “It’s quite ‘rideable’. It’s quite smooth. It’s nice. But it’s difficult to say on the first day. We can see some positive things. But we have to adjust the electronics to make an improvement.
“Then we work a bit on the chassis to turn a bit better. Also we improved a bit in that area. A positive first day for us. Tomorrow we will continue working electronically to improve a bit more the engine and to see how it is when we’re pushing.”

Yang unik dari mesin baru ini, karena karakternya lebih smooth, maka lebih mudah ” dikawinkan ” dengan sistem elektronik. Situasi ini menyenangkan bagi pembalap, karena settingan elektronik menjadi lebih presisi, setting motor lebih mudah didapat, dan motor lebih ” predictable “.

Namun ini baru awal test. Hasil tes valencia sebagai bekal masukan untuk pengembangan berikutnya. Salah satunya adalah untuk tes jerez minggu depan. Rancananya untuk mengetes part-part baru, dan kemungkinan sasis baru. Sedangkan motor full spek baru akan mulai dites di Sepang februari tahun depan.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply