Tes Kabel Luminor, Bikin Tarikan Suzuki GSXR150 Tambah Nampol

suzuki

Dulur yang budiman… Kembali ke artikel TePOK, dimana barang yang dicoba kali ini adalah kabel sejenis kabel setan, hanya beda merk. Akhirnya kesampaian untuk memakai di tunggangan ngademin, gipsy danger suzuki GSXR150. Dan efeknya, tarikan si gipsy lebih nampol.

Sejatinya ngademin menerima kabel luminor dari bro Nico Anthony ini sudah beberapa bulan yang lalu. Namun karena kesibukan kerja dan beberapa kondisi sakit ngademin membuat malas untuk menyentuh motor. Baru bulan ini mulai main motoran lagi. Kebetulan, kemarin iseng menyervis si gipsy ke beres suzuki semplak. Sekalian pasang kabel luminornya.

Sebelum pasang kabel luminor, motor ngademin memang sudah dipasangi kabel sejenis setahunan yang lalu. Efeknya memang membuat tarikan lebih enteng. Dan tidak ada efek negatif di motor.

Nah… kabel luminor adalah kabel yang sama dengan kabel setan tersebut. Ranah mainnya juga sama, yaitu menggantikan kabel input standar ke Coil. Tujuannya agar hasil pengapian lebih besar…. Sehinga respons mesin lebih bagus.

Proses instalasi kabel luminor

Servisnya sendiri, sebenarnya juga hanya mengecek kebersihan saluran intake, ganti oli rem dan coolant radiator, maklum 3 tahun belum ganti. Sedangkan kondisi motornya sendiri sebenarnya ngga ada masalah sama sekali. Ngga ada keluhan. Dan ketika dicek, filter udara di box kondisi sangat bersih, disemprot pakai kompresor juga tidak berdebu ( filter stainless ).

Dan ketika dicoba pertama oleh tehnisi pasca servis, tehnisi bilang :

Ini motor tarikannya enak mas… Sayang ga bisa full throttle, jalan macet gini. Enak ini buat ngebut. Mesin masih standar kan?

Kabel luminor di input koil

Dan ketika ngademin coba sendiri untuk perjalanan pulang, respon yang menyenangkan memang pada hentakan pertama akselerasi langsung terasa… Lebih nampol. Padahal sebelumnya juga sudah pakai kabel setan, tapi setelah pakai luminor kabel ini, saia masih senyum-senyum dengan efeknya… Masih terasa bedanya.

Dan ketika menemukan spot jalan lancar,meskipun hanya beberapa detik ngademin coba gas lebih besar. Reaksinya, speed naik sedikit lebih cepat dari sebelumnya. Lebih cepat untuk dapat angka 80 km/j dari sebelumnya.

Efek lainnya, untuk top end, ngademin tidak tahu, karena memang belum dicoba. Apalagi ini motor harian, sangat susah untuk mendapatkan spot jalan lengang di kota bogor.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply