Ternyata NVL Pun Punya Tanduk, Tapi Tidak Tumbuh

behel beat
suzuki

Yola dulur….deka sering membaca komentar di blog-blog senior tentang kaln CBR 150 sampai 300 yang mempunyai tanduk di pantatnya. Ya sepasang behel atau sepasang dudukan biasanya terbuat dari besi atau semacamnya.

behel beat
behel beat

Dulu behel ini dianggap keren karena mengingatkan publik akan sebuah fairing belakang pada mobil sport. Bentuk awalnya dulu rata-rata berbentuk melingkar diatas stoplamp belakang, melingkari jok bagian belakang. Selain pemanis desain, behel berfungsi untuk pegangan motor saat digeser, mengikat barang bawaan, dan sekedar pegangan pembonceng.

Seiring dengan trend jaman, behel model sekarang berbentuk terpisah, tidak menyambung antara kiri dan kanan. Awalnya juga dianggap keren, namun sekali lagi trend mode berubah, motor sport khususnya, sudah meninggalkan behel sama sekali. Sehingga motor yang masih memakai behel dianggap lucu, salah satunya CBr250R….mosok motor sport masih pakai tanduk? Lihat saja, moto GP ataumotor balap mana ada yang pakai tanduk 😀 . Sebenarnya ini adalah permasalahan mode desain saja.

Kalau untuk motor komuter baik sport maupun bebek dan metik, keberadaan tanduk atau behel ini malah banyak manfaatnya, karena memang motornya ringan sehingga mudah digeser-geser saat parkir, juga saat bermanfaat untuk fungsionalitas. Berbeda dengan motor sport, dimana parameter motor sport adalah moge dan dan motor sirkuit. Di motor-motor tersebut tidak memperhatikan fungsionalitas, namun yang penting performa, sehingga tanduk ditinggalkan. Apa iya bisamenggeser motor sport seberat 160 sampai 200 kg? jadi untuk motor sport, jika pun memasang tanduk atau behel hanya sekedar hiasan pemantas agar desain lebih masuk.

Nah ternyata motor New Vixion Lightning itu ternyata punya tanduk juga lho…hehehe..bener…ini deka yang sangat katrok karena baru tahu akhir-akhir ini. Tanduk atau behel itu tersembunyi dan menyatu dengan body samping belakang, pas bawah jok belakang. Dulu ane kira memang tidak ada behelnya, jika menggeser motor cuma diberi coakan di bodi samping itu. Pas ada sobat yang membawa motor NVL, tak sengaja bagian tersebut lecet bekas jatuh, dan muncul warna agak putih. Karena penasaran, deka mendekat dan mengamatinya, kalau bahan dari plastik seperti body, nggakmungkin akan berubah jadi putih. Ane penasaran dan ane ketok, ternyata keras seperti besi. Woo….. jebul dari besi to….. wah ini mah berarti tanduk juga, namun karena nggak nongol, ya tanduk yang nggak tumbuh 😀 .

Namun dengan desain behel tersembunyi tersebut membuat NVL malah kelihatan keren jika acuannya model motor sport masa kini. Fungsionalitas  untuk menggeser motor juga tidak ditinggalkan, tanpa mengorbankan desain. Jempol dah buat desainernya. Dan jika dulu ada yang berpendapat bahwa penyebab spakbor NVL yang miring ke samping karena faktor motor digeser ke kiri dengan memegang bodi samping kiri yang terbuat dari plastik, perlu di revisi. Karena ternyata bahan itu terbuat dari logam, bukan plastik.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil