Termuda : Bus Luragung Yang Jinak Mengasyikkan

suzuki

IMG_20160618_155642

Yola dulur yang budiman…..untuk masyarakat cirebon, kuningan, indramayu jawa barat, mendengar nama bus Luragung, maka akan mengacu ke satu kata…. Ganas. Hal ini dikarenakan tabiat bus-bus luragung yang suka ngetem dan kemudian tancap gas sekencang-kencangnya di jalan pantura, berburu penumpang. Nah… bus satu ini masih satu keluarga, tapi tabiatnya berkebalikan dengan bus luragung pada umumnya…. sebut dia Termuda.

IMG_20160618_155607

Luragung termuda adalah bus langganan deka untuk pulang ke cherbond dari bogor tiap hari sabtu 2 minggu sekali. Deka sudah mulai mencari kepraktisan saat pulang, daripada nyetir capek, mending cari bus yang bisa untuk tidur, dan tahu-tahu nyampai tujuan. Pilihan ini karena perusahaan otobis luragung lah satu-satunya yang bertrayek Bogor-Kuningan PP. Dari deretan bus yang ada, deka memilih bus Luragung Termuda daripada yang lain.

Pilihan ini didasari karena Termuda merupakan bus Patas, deretan kursi 2 x 2, jadi nyaman tanpa desak-desakan. Ya… patas, otomatis bus tidak lagi ngetem nyari penumpang di pinggir jalan. Sumber ketidaknyamanan dan sumber kebut-kebutan. Termuda hanya menaikkan penumpang di pol agen atau ngejemput penumpang yang sudah beli tiket dan janjian di tempat tertentu, misalnya gerbang tol Cibinong.

IMG_20160618_155627

Setelah itu bus tinggal menyusuri jalan tol dari jagorawi, jorr cikunir, cikampek, dan cipali. Berbeda dengan bus luragung ekonomi yang keluar dari tol cikampek ke arah pantura. dengan melewati tol cipali, otomatis jarak tempuh akan jauh lebih singkat dan lebih nyaman. Dan keberangkatannya sudah pasti tepat, jalan dengan kecepatan umum mengutamakan kenyamanan daripada ngebut. Jam 16.00 start dari bogor, nyampai cirebon jam 08.30 sampai dengan 09.00 tergantung kondisi kemacetan di tol.

Secara fasilitas sendiri, bus termuda awalnya termasuk mewah. Ada fasilitas free wifi, hot coffe, smoking area, full music with layar lcd, serta karaoke. Namun entah kenapa wifi-nya susah diakses, dan alat pemanas minuman selalu kosong nggak terpakai. Its oke lah… lha deka  pengennya tidur kok di bus.

IMG_20160618_155710

Yang membuat deka betah naik bus ini adalah adanya sekat antara ruang sopir dengan penumpang. Jadi ruang sopir dengan penumpang ada dinding dan pintu lagi sebagai akses masuk. Otomatis ruang penumpang menjadi sunyi nyaman. Sedangkan ruang depan samping sopir dibiarkan kosong 2 kursi…. untuk smooking area…. welldone… asyiikkkk… Bagi perokok seperti deka, inilah tempat asyik buat ngebull… depan sendiri coy… bukan di belakang. Dan ada meja mini, lumayan untuk tempat lappie kalau ada kerja lemburan yang harus dikerjain di dalam bus.

IMG_20160618_160317

Tarifnya sendiri jelas lebih mahal daripada kelas ekonomi, untuk saat ini tiket bertarif 100.000 rupiahs. Jika dulur ternyata tertinggal atau kehabisan tiket, bisa ikut trayek belakangnya, busnya ac juga tapi spek ekonomi yang masih nyari penumpang sepanjang jalan pantura. Jadi Termuda adalah satu-satunya luragung Bogor-Kuningan yang berjenis patas.

Jika dulur naik bus termuda hari sabtu ( tiap 2 minggu sekali ), maka kemungkinan akan berjumpa dengan deka. Biasanya sih kursi nomer 1 sudah deka klaim duluan……

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

14 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*