Tergoda Harga Blok Silinder Suzuki Skywave Yang Murah

Ilustrasi
suzuki

Yola dulur yang budiman….sejatinya sisiwi, skywave lansiran 2008 semenjak second live setelah koma sekian bulan di gudang, ada defect atau kekurangan yang menonjol, tapi sampai sekarang belum ditangani. Suara kasar mesin, disinyalir dari blok silinder…dan kebetulan kok tergiur dengan harga barunya yang murah.

Suara kasar mesin skywave ini, disinyalir karena penggunaan yang ngawur,  ganti oli tak terkontrol, dan sering buat ngebut saudara yang tinggal di Jakarta. Siksaan sisiwi mungkin lebih dari 6 tahun, sampai akhirnya menyerah dan dibiarkan ngedongkrok di gudang.

Piston baret, camshaft aus, lidah tensioner lemah, penonjok lemah, rantai keteng juga idem. Belum lagi suspensi depan olinya garing, dan tabung as-nya baret-baret. Belum lagi mangkok pulley aus, vanbelt getas, box filter udara raib. Kala itu sisiwi dengan kondisi seperti itu masih bisa jalan, bahkan ngebut 80 km/jam. Tapi ya gitu, suara kemlathak, kemrosok nggak karuan.

Setelah dioperasi, turun mesin, ganti part yang sudah aus dan penggantian secara bertahap, sisiwi layaknya sebuah skutik normal. Namun sayangnya ada 1 part yang seharusnya diganti, tapi sampai sekarang belum diganti. Suara kasar seperti klotok-klotok saat jalan pelan namun hilang saat lari diatas 50 km/jam, disinyalir karena blok mesin sudah longgar sekian mikron.

 

Walaupun dulu saat dicek, liner SCEMnya masih mulus tanpa baret, namun karena seringnya blok panas, mungkin memuai dan diameternya melebar sekian mikron. Jadilah suara kasar saat rpm rendah-menengah, di kondisi mesin panas. Jika mesin dingin suara absen ataupun saat rpm tinggi. Problemnya hanya disuara kasar tadi, oli menguap minim, dan knalpot tidak ngebul, normal-normal saja.

Setelah didiskusikan dengan mekanik langganan, jika diganti dengan blok baru, dijamin suara mesin akan seperti mesin baru seperti sedia kala, apalagi piston set juga diganti biar sekalian bongkar. Setelah melongok harga blok silinder skywave baru SGP, lhadalah….. Lha kok murah, hanya 250 ribu rupiah? Jika ditambah piston 50an ribu, ring set 35an ribu, paling 400an ribu mesin akan seperti baru.

Godaan untuk mengganti dan merefresh jantung sisiwi begitu kuat. Niatan untuk mengoperasi sisiwi begitu menggebu, sampai diingatkan oleh ibuk negara sebagai pengguna harian sisiwi. Untuk saat ini nggak usah diperbaiki, toh tidak mengganggu kinerja, jarang buat ngebut, mesin tidak pernah ngambeg atau mogok. Suara sedikit kasar nggak apa-apa. Perbaikinya nanti saja jika ada metik baru di rumah dan sisiwi banyak nganggur…. Nah…. Ini tanda-tanda minta motor baru, malah bikin tambal puyeng¬† :mrgreen: .

So…untuk sementara sisiwi ngadimin biarkan saja seperti sekarang. Nanti saja perbaikannya, toh ternyata harganya cukup terjangkau. Tinggal nunggu acc ibuk negara. Ada dulur pemakai skywave mengalami hal yang sama? Tenang, sparepartnya ternyata harganya cukup terjangkau, tidak seperti rumor diluar kalau sparepart suzuki itu mahal.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil