TePOK : Tips Murah Mengatasi Kunci Kontak Seret

suzuki
kunci kontak seret
kunci kontak seret

Yola dulur yang budiman….. sudah lama deka nggak menulis artikel Tepok. Ber-ide dari keluhan seorang teman di FB yang mengalami kunci kontak seret karena seringnya kemasukan air hujan kemarin ( maklum musim hujan ), deka jadi ingat sebuah tips murah ( pakai byangetzz ) cara mengatasi kunci kontak motor yang seret.

Kontak kunci motor seret paling sering disebabkan karena bagian dalam kontak mengalami karat atau korosi. Korosi adalah kondisi dimana logam teroksidasi oleh O2, dan sumber O2 berasal dari udara, atu paling seringnya adalah air ( H2O2 ). Nah…. karena motor sering kehujanan, maka air hujan ada yang merembes ke dalam rumah kontak kunci, ngendon lama disitu. Sebagai hasil oksidasi logam adalah garam-garam karat yang gampang rontok.

Jika bagia dalam kontak sudah berkarat, maka perputaran atau gerak mekanis antara kunci dengan kontak akan terganggu. Ingat pergerakan mekanis antara kunci dengan rumah kontak paling utama adalah gesekan. Jika berkarat maka gaya gesek tambah berat, dan makin lama jika dibiarkan kunci bisa macet.

Untuk menanggulangi kunci seret tersebut banyak yang merekomendasikan dengan cara lubrikasi atau pelumasan. Dan rata-rata memakai oli cair, bahkan bekas dan vaseline. Namun ingat, pelumas, apalagi vaseline bisa mengeras seiring waktu dan ini akan menjadi masalah juga di kedepannya. Makanya biker di ngeropah atau amrik sono merekomendasikan pelumas yang mengandung graphite untuk mengatasi kontak kunci yang seret.

pelumas graphite
pelumas graphite

Masalahnya, pelumas graphite juuuarang sekali dijumpai di marih, kalaupun ada, seperti di acehardware, harganya bikin garuk-garuk dompet. Nah… karena deka sayang duit, dan pelit XD , ide kepepet muncul. Gimana caranya dapat graphite yang murah untuk pelumasan. Dan jawabannya adalah PENSIL…….. baca aja, ada tulisannya graphite kan?… XD .

Batang carbon pensil yang berkualitas bagus biasanya mengandung graphite. Nah…. kita tinggal mencari cara untuk mengekstrak-nya. Dan caranya ternyata sangat mudah, cuma bermodal cutter. Caranya adalah :

pensil serut

  • Kerok bagian kayu pensil menggunakan cutter
  • Kerok kayunya agak panjang ya, ini bertujuan saat mengerok karbonnya, kita tidak ikutan mengerok kayu pensil.
  • Setelah kayu pensil ditelanjangi, maka mulailah mengerok carbon graphite pensil tersebut menggunakan cutter.
  • Hasil yang bagus adalah berbentuk serbuk halus.
  • Kumpulkan secukupnya ( kira-kira 2 cm batang pensil ) serutan carbon graphite menggunakan kertas.
  • Masukkan kerokan graphite tersebut ke dalam celah kontak kunci
  • Kemudian menggunakan anak kunci, putar-putar rumah kunci untuk perataan pelumasan graphite.
  • Dengan cara ini, Insya Allah kunci yang seret akan kembali licin lancar.

Kunci kalau seret, keset emang nggak enak…. beda ama….. keset itu josss XD XD

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum