TePOK : Cara Kuras Radiator Dan Pengisian Kembali

suzuki

IMG-20151212-01087

Yola dulur yang budiman…..artikel tepok kali ini, deka akan berikan cara sederhana menguras dan mengganti air radiator motor. Sebagai bahan praktek adalah motor deka sendiri, sipiter dan coolant merk Top 1. Awalnya hunting Pertacool, tapi kagak dapat, kemudian merk Prestone harganya bikin gigi deka kering… 😀 . Tentu cara kuras radiator ini bisa berbeda  dengan versi lainnya.Ya… cara kuras dan isi coolant radiator ini murni deka lakukan tanpa petunjuk dari manapun. Namun yang pasti, deka enggan bongkar-bongkar saluran radiator. Pengalaman deka, kuras radiator mobil lebih gampang, tinggal buka baut pembuangan, kelar udah. Lha di motor MX ini deka cari-cari baut pembuangan radiator kok nggak ada.

Akhirnya hanya mengandalkan logika dan cara alternatif. Langsung saja, cara menguras coolant radiator yang berada dalam sirkulasi pendingin adalah sebagai berikut :

IMG-20151212-01085

  • Patikan mesin dalam keadaan dingin dulu,  untuk menghindari kulit mlocot kena air panas. Buang coolant yang ada di bak reservoir. Untuk jupi mx, kudu bongkar bodi depan dulu. Cabut selang aliran coolant dari reservoir ke radiator, yang hulunya di bagian bawah reservoir. Cabut selang di bagian bawah bak, maka air coolant akan mengucur terbuang.

IMG-20151212-01086

  • Untuk mengeluarkan coolant di dalam sirkulasi radiator dan mesin, deka lakukan pencabutan Hose dari radiator ke mesin. Cabut di bagian arah mesin dengan cara mengendorkan klem menggunakan obeng atau kunci pas. Setelah tercabut, maka coolant yang berada di kisi radiator keluar dalam jumlah banyak. Setelah itu tinggal bagaimana cara mengeluarkan sisa coolant yang berada di water jacket mesin.

IMG-20151212-01089

 

 

  • Caranya adalah dengan memasang kembali Hose yang kita lepas tadi ke dudukannya, tapi tanpa di klem. Kemudian isikan kembali air coolant dari tutup radiator ( bukan reservoir ). Setelah penuh, nyalakan mesin sampai coolant bersirkulasi (perlu waktu beberapa saat sampai panas mesin ideal ). Amati perputaran coolant melalui lubang pengisian tadi. Kebetulan warna coolant yang deka gunakan berbeda dari yang lama, dulu hijau kini merah.
  • Coolant yang barusan dimasukkan berwarna merah, jika warnanya hijau kembali muncul di mulut pengisian, matikan mesin motor. Kemudian cabut lagi Hose yang tadi kita pasang, coolant lama akan terbuang. Hati-hati, karena coolant akan bersuhu panas walau tidak mendidih. Pasang lagi Hose, dan lakukan langkah pengisian diatas, nyalakan lagi mesin sampai coolant bersirkulasi.

IMG-20151212-01091

  • Setelah  coolant yang bersirkulasi sudah berwarna sesuai coolant yang baru, maka kita anggap selesai proses pengurasan coolant yang ada di water jacket mesin.
  • Kencangkan kembali klem Hose tadi, dan tutup lubang pengisian radiator.

IMG-20151212-01088

  • Pasang selang reservoir kembali, dan isikan coolant ke tabung reservoir sampai batas maksimal, berhubung kagak ada corong, maka deka pakai kertas dan dibuat corong buat ngisi reservoir XD 😀 . Pasang tutup reservoir.
  • langkah terakhir adalah memasang kembali cover bodi motor.

Woillaaaa……… misi kuras dan refill coolant radiator accomplish…. cukup mudah bukan? silahkan praktekkan di motor sendiri… jangan milik tetangga, bisa-bisa ada sandal melayang .

Salam TePOK

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

15 Komentar

Leave a Reply