Tehnologi Lama Suzuki Yang Ternyata Masih Terpakai Di Motor Baru : Jet Cooled

suzuki

Salah satu Trademark legacy motor suzuki di Indonesia adalah Jet Cooled. Dan tehnologi lama ini ternyata masih dipakai di motor-motor baru suzuki.

Awalnya terinspirasi dari rekan ngademin yang ” sedikit komplain ” akan metik barunya, suzuki nexII. Mungkin beliau baru kali ini mempunyai motor suzuki. Doi bilang, ” Pakdhe, suzuki nexII nya kok beda dengan versi trialnya ya? Yang saya beli kok ada hawa panas disebelah kiri bawah. Apakah ini beda kualitas?”.

Sebenarnya ngademin bisa langsung jawab. Namun untuk memberikan jawaban yang lebih sahih, ngademin tanyakan ke bagian tehnis PT SIS. Sayangnya beliau nggak mau disebut, takut terkenal katanya. 🤣🤣

Hawa panas sebelah kiri bawah dek metik suzuki adalah hawa panas buangan dari mesin. Skutik-skutik suzuki sejauh ini menggunakan mesin dengan sistem pendingin udara atau air cooled. Alias panas mesin dibuang menggunakan sirip2 disisi silinder head.

Tidak hanya itu, pembuangan panas tidak mengandalkan sistem pasif atau hukum alami saja. Suzuki juga memberikan tambahan secara aktif, yaitu memanfaatkan putaran mesin untuk memutar baling-baling kipas untuk mendorong udara ke sektor head.

Ya… Baling-baling yang berputar disisi kanan blok mesin itu mendorong udara ke depan samping head untuk membantu pendinginan mesin. Kemudian arah buangan udara panas mengarah ke sisi kiri bawah dek. Jadi jika pas berhenti dan kaki kiri merasakan udara panas, itu wajar ya lur.

Buangan udara panas sebelah kiri

Kemudian ngademin ingat dengan trademark motor suzuki jaman jadoel dulu… Jet Cooled. Apakah sistem pendinginan udara di nexII atau skutik-skutik suzuki sekarang menggunakan jet cooled? Mr. Har bersabda:

” Pada dasarnya, sistem pendingin udara mesin-mesin suzuki itu menerapkan tehnologi Jet Cooled. Karena terbukti efektif. Namun karena tagline Jet cooled nampak ketinggalan jaman, nama itu tidak dicantumkan lagi. “

Terjawab sudah rasa penasaran ngademin. Jadi air cooled engine motor-motor suzuki sekarang masih menerapkan Jet cooled. Meskipun tidak ada tulisan tagline atau gimmick. Hanya soal tehnik marketing saja sebenarnya.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply