Team Suzuki Ecstar Punya Wacana Team Satelite, Namun Berliku

suzuki

Yola dulur yang budiman… dari semua team balap motGP saat ini, hanya ada dua team yang tidak mempunyai team satelite. Aprilia dan Suzuki Ecstar. Team suzuki ecstar sebenarnya punya wacana team satelite, namun cukup berliku untuk merealisasikannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, menjalankan team balap motogp adalah bicara soal kapital atau modal yang tak sedikit. Suzuki sendiri memutuskan masuk lagi ke motogp tahun 2015. Itupun harus mengorbankan divisi balap lain untuk absen sementara waktu karena anggarannya difokuskan untuk motogp. Bicara kapital, team suzuki ecstar belumlah sebesar team lain. Boro-boro sekelas ducati, HRC, yamaha… bahkan KTM saja dananya lebih melimpah dibandingkan suzuki.

Dan karena anggaran itulah team suzuki gagal mempunyai team satelite di awal tahun 2018 ini. Rencananya team Marc VDS akan dijadikan team satelite. Namun Marc VDS membatalkan kesepakatan, karena rumornya team dari Belgia tersebut tidak ketemu ” titik nominal ” dan resource yang didapatkan. Padahal Boss Davide Brivio sangat menginginkan adanya team satelite untuk suzuki. Dan para petinggi di Hamamatsu mempunyai wacana seperti itu, setuju dengan brivio, namun soal resource… tidak semudah itu ferguso….



gulf oil
davide brivio


“This is an ongoing discussion for us inside the company,” said Suzuki team manager Davide Brivio.
“As a race team, we would really like to have a satellite team, in order to get much more information and to develop even further the bike and everything.
“But for the company, it’s a big effort because we don’t have so much resources and not so many people like maybe our competitors.
“Anyway, we are always working. We keep discussing and I hope that we are able to do something for 2020.

Para sesepuh di hamamatsu sepakat dengan brivio, team balap harus mempunyai team satelite untuk membantu memperbanyak informasi, data, dan pengembangan motor itu sendiri. Semakin banyak resource, semakin banyak data yang didapat. Masalahnya, saat ini pabrikan menyatakan anggarannya hanya ” cukup ” alias cekak…. kurang sih nggak, cuma ” cukup”. namun wacana team satelite terus bergulir dan terus dalam pembahasan di hamamatsu….. dan semoga di tahun 2020, sudah ada jawaban.

Masalahnya, jika tahun 2020 menjadi jawaban keputusan team suzuki untuk mempunyai tem satelite, di tahun itu, belum ada team satelite yang ” menganggur “. team satelite yang ada sekarang habis kontraknya diatas tahun 2020 semua….. Apakah benar target team satelite suzuki akan terealisasi di tahun 2021? team satelite mana? yah…. entahlah…. yang penting ngumpulin duid dulu buat nanti rekrut team satelite…. ya toh??

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Leave a Reply