Target Pasar Dan Estimasi Harga Suzuki Nex II…. Kedepan jangan Bicara data AISI, Percuma

suzuki

Yola dulur yang budiman….sekarang kita obrolin tentang positioning, target pasar suzuki. Bicara strategi pasar suzuki secara keseluruhan line motornya, ini sedikit berbeda dengan dua pabrikan jepang lainnya, honda dan yamaha. Semoga dengan tulisan ini, anda tidak akan terlalu ngomongin market share data AISI, tapi lebih ke motornya sendiri, disini kita bicara suzuki Nex II.

Secara umum, bicara motornya suzuki seperti Smash, GSX150 series, satria Fi, satria FU, skywave 125 ( anda mungkin terkejut skywave dan satria FU sampai sekarang masih diproduksi), dan yang baru NEX II, itu bukan sekedar untuk penjualan lokal. Bagi suzuki Jepang, seberapapun persentase marketshare di Indonesia, yang dihitung adalah global regional, minimal ASEAN.

Jadi produk-produk SIS adalah produk regional yang dijual ke seluruh negara ASEAN, bukan hanya lokal Indonesia. Kemudian secara line produksi, suzuki sebenarnya punya pabrik yang cukup untuk membuat motor total sekitar 125 ribuan ( CMIIW ), tanpa membuat pabrik baru, ini berarti tidak butuh investasi tambahan, hanya fokus di produksi, bukan invest bikin pabrik.

Suzuki NEX II juga sama saja, posisinya sebagai produk regional ASEAN. Jadi motor hasil produksi Tambun ini tidak hanya dijual di Indonesia, tidak hanya didistribusikan ke seluruh provinsi Indonesia, namun juga untuk eksport. Line produksi tambun menyuplay seluruh asean, bukan hanya Indonesia.

Target pasar Indonesia sendiri, kalau dihitung marketshare keseluruhan segmen metik, hanya mengambil kue sekitar 3 %. SIS hanya menargetkan 5000 unit suzuki NEX II terjual dalam 1 bulan, bandingkan dengan beat yang targetnya diatas 125 ribu unit per bulan…..Bukan apa-apanya kan? jadi keberadaan suzuki NEX II tidak akan berpengaruh signifikan ke segmen pasar beat…. barangnya terbatas Cuy……

Secara segment pasar, suzuki NEX II juga dibuat berbeda dengan beat atau mio M3. Suzuki NEX II diposisikan oleh SIS sebagai metik Entry Level dalam arti sebenarnya. Metik bagi yang pertama ingin punya metik atau motor pertama kalinya, dengan harga sangat terjangkau. Estimasi harganya adalah dimulai dengan angka kepala 13 jutaan rupiah, dan diatas itu sesuai varian yang dibuat. Ada 5 varian di suzuki NEX II ini, dan selisih harganya naik beberapa ratus ribu antar varian.

So….. memang tidak berbenturan langsung dengan mio atau beat secara harga, NEX II dibawah mereka berdua. Suzuki nex II diposisikan sebagai metik LOW PRICE. Kenapa suzuki bisa membuat metik semurah itu? nanti kita bahas next artikel.

So… jika nantinya suzuki NEX II sudah dipasarkan ( estimasi awal Mei sudah didistribusikan ), melihat data aisi bulanan anda masih mempertanyakan persentase suzuki, itu mendakan ketidaktahuan anda tentang target suzuki itu sendiri. Anda hanya melihat dari kacamata umum persentase marketshare. Ketika kita ribut ngomongin data aisi, petinggi SIS duduk manis karena target mereka terpenuhi, global (address, gsx125 series ), regional asean ( rest of pruducts), target 3% pasar nasional cuy… opo ngga nyantai??? makanya kerja ke SIS, dijamin banyak sisi humanisnya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

1 Trackback / Pingback

  1. Baru Saja Soft Launching di IIMS 2018, Simak Kelebihan Suzuki Nex II

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*