Tantangan All New Vixion Bukan Di Desain, Tapi Harga

suzuki

Yola dulur yang budiman…..saat warung maintenance kemarin, berbarengan dengan peluncuran resmi yamaha all new vixion di ajang IIMS. Motornya sendiri sudah tidak begitu mengagetkan, karena kita sudah bisa menebak bentuknya seperti apa. Ya….seperti motor di pom bensin kala itu lah. Yang bikin menarik itu, ternyata dibuat 2 type, walaupun lagi-lagi sudah deka tulis beberapa bulan yang lalu.

All new vixion dibuat menjadi beberapa tipe ini percaya ngga percaya sudah menjadi artikel, walaupun komponen pembeda tiap tipenya diluar sangkaan ngadimin. Dulu pembedanya ada di assist slipperclutch karena PNP. Ternyata yamaha memakai mesin lawas minarelli 150 cc ditemplokin ASC. Jadi all new vixion ada 2 jenis, tipe standar memakai mesin lawas plus ASC, dan tipe R mesin baru VVA milik R-15.

https://78deka.com/2017/02/08/all-new-vixion-seperti-apa-berkacalah-dari-new-r15v3/

Langkah ini cukup mengejutkan bagingadimin, karena beda mesin antar all new vixion ini nggak lumrah, meskipun ngga aneh kalok melihat strategi lama AHM di kelas bebek dulu….. Ada kelas default dan kelas FIT. Entah kenapa yamaha sangat mencintai mesin overstroke minarelli 57 mm X 58,7 mm ini. Sampai-sampai tetap dipakai walau sudah berunur sewindu.

Soal desain, seharusnya dulur tidak akan kaget bin klepek-klepek, karena sudah terpampang jelas saat spyshoot kemarin. Itu tuh yang heboh di pom bensin.

https://78deka.com/2017/02/25/spyshot-untuh-new-vixion-2017/

Walaupun ada kritikan soal garis bodi shroud yang dianggap wagu bin aneh, ngadimin cukup pesimis akan terjadi perubahan jika sudah tahap tes on road. Jadi ya akan seperti itu desainnya nanti. Nah.. soal shroud dan headlamp inilah yang sampai sekarang masih ada yang mempermasalahkan. Namun buat ngadimin, desain itu soal selera, walaupun resikonya ada sebagian publik yang mecibir.

Kita tentu ingat dengan cemooh akan desain duo suzuki gsx150. Tapi sekarang sudah mulai bisa diterima karena pihak suzuki bisa mengemas dan mengatasi isu negatif tersebut. Dan yang paling berperan penting adalah soal price cut atau potongan harga di awal pengenalan, bahkan saat penjualan moncer, harga bukannya dinaikkan, tapi justru memperpanjang harga khusus tersebut.

nor

Nah, di sektor inilah yang jadi tantangan all new vixion tadi. Sekarang yamaha itu sama plek atau 11-12 dengan AHM soal harga. Soal kenaikan harga, hajar terooossss….Buat yang memakai mesin lama plus ASC di angka 26 jutaan, itupun sudah naik dari versi NVL yang 25an. Bagaimana dengan yang tipe R? tentu diatas yang tipe standar lah ya…… Dengan tambahan mesin baru dan sewing arem pisang jelas lebih dari 1 juta, bisa jadi selisih 3 jutaan.

Nah dengan komposisi harga seperti ini bisakah mengalihkan isu kekecewaan desain sebagian publik tersebut? Acuannya jangan GSX-S150 ya, karena se-nggak laku-lakunya vixion sekarang tetap akan jauh diatas gsx-s150. Parameter kesuksesan vixion itu sekarang dengan dibandingkan dengan CB150R. Apalagi yamaha belum bisa mengatasi isu negatif lainnya….. mesin vampire……. sampai sekarang belum ada solusi ataupun statment yang menenangkan dari yamaha. tentu ini juga menjadi tantangan lain bagi lini marketing.

Hati-hati yamaha…… selain memandang nanar keluar, sebaiknya juga melototin ke dalam juga….. Yang jelas, motor beda dengan HP china……

Semoga bermanfaat

Wasalamualaikum