Tahu Lamping Cimara, Layak DiKunjungi Lur

suzuki

Yola dulur….. artikel enteng-entengan kuliner ala deka. Kuliner deka memang rata-rata tidak wah, bukan makanan orang kota dengan harga selangit. Biasanya makanan rakyat dengan harga cukup bersahabat di kantong kita, makanan kampung.

tahu lamping cimara kuningan
tahu lamping cimara kuningan

 

Salah satunya ya makanan khas kuningan ini Lur. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang sering disebut dengan tahu, gehu, atau bahasa kerennya tofu. Makanan yang sering kita jumpai sehari-hari dalam menu makanan kita.Lha terus apa bedanya dengn tahu yang kita sering kit temui sehari-hari di meja makan kita? Jelas beda lur…. mungkin kalau dari wujudnya memang nggak berbeda jauh. Namun tahu ini adalah tahu khas daerah Kuningan Jabar. Tahunya bisa langsung kita nikmati tanpa perlu dimasak lagi. Langsung hleebbb…..

tahu lamping
tahu lamping

Wah kalau cuma kek gitu apa bedanya dengan tahu-tahu lainnya, seperti tahu sumedang?  Sekali lagi beda Lur…. makanya deka sebut sebagai tahu khas Kuningan… tahu lamping. Bentuk dan warnanya memang mirip dengan tahu sumedang, namun jika tahu sumedang dalamnya kopong, tahu lamping tetap berisi. Dalamnya berbentuk putih layaknya tahu pada umumnya, namun teksturnya sangat lembut, lembut sekali.

 

Nikmatnya lagi di sini tahu bisa langsung dinikmati setelah dingkat dari penggorengan dengan ditemani leupeut alias lontong nasi kecil dan cabe. Kondisi panas ngebul plus pedesnya cabe… tahu yang gurih asin bertemu pedas cabe, seger tenan . Harga per porsinya juga cukup murah, 10 ribong rupiahs.

cimara kuningan
cimara kuningan

Jik dulur biker sekalian melewati jalur dari Majalengka-Sumber-Kuningan lewat jalur alternatif Mandirancan, maka posisi tahu lamping Cimara adalah setelah kampung deka, Cisaat. Posisinya persis di pinggir kebon salak tempat mobil-mobil travel berhenti, desa cimara sebelum mandirancan. Selain tahu lamping, tersedia juga aneka buah-buahan hasil kebun warga seperti salak pondoh, durian, rambutan, sawo, pepaya, mangga, kelengkeng, duku, dan lain-lain tergantung musimnya. Nggak ada salahnya deka mempromosikan makanan lokal tempat deka tinggal kan??

semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil