Tagline Cari Aman AHM Memang Tepat

suzuki

Yola dulur yang budiman….jika anda penggemar dunia motor pasti tahu tagline ahm tahun ini. Ya…. #cari aman….. Sebuah tagline pasti punya maksud secara corporate strategy, mereka punya tujuan dengan tagline mereka. Dan dari kacamata ngadimin, ahm memang tepat memakai kata #cari aman.

Secara kasat mata, tagline #cari aman memang ditujukan kepada pengguna motor ahm untuk mengutamakan keselamatan berkendara. Bagus, ngadimin juga mendukung akan hal tersebut. Tapi kenapa pabrikan menjadikan tagline soal keselamatan menjadi tajuk utama tahunan kali ini? Jawabannya menurut ngadimin, karena secara penjualan dan potensi ancaman pihak kempetitor dianggap aman.

Ada juga opini “nakal” yang bilang bahwa tagline #cari aman karena motor-motor ahm kalah performa. Jualan dna motogp, dohc, motor irit, sparepart murah, semua ada yang mengangkangi…tidak punya power lagi kata-kata diatas…. Wah ini opini sambel level 8….. Tapi itulah yang namanya opini liar dunia permotoran.

Namun ngadimin lebih tertarik mengartikan #cari aman ahm itu secara peta bisnis motor. Tahun ini memang posisi ahm benar-benar aman. Digedor beberapa tahun oleh yamaha, bukannya susut kuenya, tapi justru bertambah persentasenya. Bahkan kelas yang bukan ranahnya ahm yaitu motor performa, kelas sport termasuk dikangkangi oleh ahm. Kelas metik entry level dan medium….ini adalah ground zero ahm. Digedor seperti apapun, ahm seperti memakai jurus “baju besi emas” nya Gold Dragon di komik Tiger Wong.

Kini saatnya ahm mencari aman, tidak akan seagresif tahun-tahun lalu, dimana gencar menelorkan motor-motor revolusi. Bagaimana kita melihat ahm ngamuk, dimana life cycle motornya dipangkas habis waktunya di kasus cb dan cbr150, sebegitu singkatnya siklus hidup cb dan cbr150, berganti desain, bahkan sampai all new….demi ambisi merebut pasar sport. Sekarang saatnya mempertahankan zona aman tersebut dengan strategi berbeda, mempertahankan momentum dengan memelihara kepercayaan konsumen melalui hati dan menguasai isu media….bukan product war lagi…tapi diluar tehnis produk.

dangdutan honda

Bagaimana tidak, yang paling dianggap aman adalah membeli motor honda. Ini ngadimin buktikan dengan riset kecil. Dimana tahun kemarin pengadaan inventaris dikuasi oleh lambang garpu, sekarang semuanya lambang sayap…ndak tanggung-tanggung….8 motor ahm…dan itu yang memutuskan ya Ngadimin sendiri…. :mrgreen: . Ini karena ngadimin menampung usulan dari bawah….

Kenapa ada pergeseran dari yamaha ke ahm? Publik awam menilai motor ahm lebih aman…..secara investasi sementara. Apakah ngadimin setuju dengan hal tersebut? Jelas tidak…karena ngadimin lebih berpikir ke holistik sebuah motor pilihan sebagai sarana kesenangan. Ini berbeda dengan pandangan publik awam, makanya ngadimin acc 6 motor cb150 dan 2 vario…. Walaupun ngadimin pribadi adalah suzukiphilia, tapi inilah keputusan yang harus diambil mempertimbangkan suara bawah.

Yang paling mengenaskan adalah yamaha…. Kenapa nama cb150 menjadi pilihan utama? Bukan vixion lagi? Trust di lapangan bicara … Dan dia kui memang yamaha sedang krisis dengan hal tersebut. Makanya ngadimin bilang, posisi AHM secara ancaman kompetitor aman….aman sekali.

Jadi tagline #cari aman untuk ahm di tahun ini memang tepat…..untuk publik awam yang diatas 70% tersebut… Buat ngadimin sih, cari sensasi rpm 13.000 baru asyik, atau menikmati siksaan nikmat suzukiphilia yang kini juga mulai menjangkiti ibuk negara….enak bener… Comfortably numb…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum