Suzuki Resmi Luncurkan GSXRR 2020, Livery 60 Tahun Racing

suzuki

Dulur yang budiman, sore ini team balap motogp, suzuki ecstar resmi meluncurkan motor balapnya untuk musim 2020 di sirkuit sepang. Livery suzuki gsxrr musim ini bertemakan sejarah 60 tahun suzuki racing.

Tahun 2020 adalah perayaan 60 tahun sejarah suzuki motor di dunia balap. Dimulai pertama kali di tahun 1960 suzuki mengikuti balap TT Isle Of Man. Kemudian merambah balap motor lainnya. Salah satunya motogp.

Makanya tahun ini menggunakan livery warna tematik tahun 60an. Suzuki ecstar melaburi warna gsxrr tunggangan Alex Rins dan Joan Mir dengan kombinasi warna biru suzuki dengan warna silver. Dari sudut pandang estetika, warna musim 2020 ini lebih segar, karena dari single tone biru dengan motif kecil hijau muda di tahun lalu menjadi dual tone blue and silver.

Ada beberapa perubahan tulisan sponsor. Dari pengamatan ngademin, RK chain hilang dan menyisakan DID. Dan yang paling disayangkan tulisan trademark suzuki Indonesia, Nyalakan Nyali juga hilang 😭😭. Sebuah pride fans suzuki hilang di motogp…. cukup disayangkan.

Untuk upgrade motor, sudah dibahas di beberapa artikel ngademin saat uji coba valencia dan jerez. Pada intinya, upgrade dirasa positif oleh para pembalapnya.

Suzuki GSXRR edisi 2020 dianggap lebih baik dari edisi 2019. Penyempurnaan utamanya adalah di mesin baru, dimana pembalap merasakan motor lebih smooth dan mendapatkan traksi yang lebih baik di ban. Sedangkan keluhan power top end, sedikit lebih baik.

Menurut Sahara san yang bertanggungjawab dalam pengembangan motor, suzuki gsxrr disempurnakan sesuai dengan masukan dari seluruh team, khususnya rins dan mir yang menganalisa selama satu musim penuh. Pengembangan suzuki gsxrr adalah pengembangan ala keluarga suzuki. Menyeluruh tidak hanya satu sisi saja. Tapi bagaimana upgrade motor, tapi tetap balance. Dan sesuai dengan DNA motor suzuki : smooth riding.

Setelah peresmian ini, akan dilanjut dengan tes pra musim 2020 di sepang. Pengujian akan fokus di setting elektronik, dan analisa part bodi tambahan. Sedangkan untuk bodi motor ( fairing ), menurut Ken kawauchi akan berperan penting musim ini.

Seluruh team, termasuk pembalapnya optimis bahwa capaian musim 2020 akan lebih baik daripada musim lalu.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply