Suzuki : Investasi Pengembangan Winglet Lebih Baik Untuk Tehnologi Yang Bisa Diterapkan Di Motor Produksi

suzuki

Yola dulur yang budiman…. ada info dadakan di dunia balap motogp. Setelah seri Termas Argentina kemarin, ternyata pihak  Motorcycle Sports Manufacturers Association (MSMA) mengadakan pertemuan dengan semua team pabrikan motogp. Agendanya membahas dua isu penting, yang pertama soal elektronik dan yang kedua soal winglet atau aerodinamika. Untuk soal aerodinamik, team suzuki mengatakan : Lebih baik dana investasi pengembangan winglet bisa dialihkan untuk riset tehnogi lain yang bisa diterapkan di motor produksi mereka.

Ya… semua team pabrikan dari Aprilia, KTM, Honda, Ducati, Yamaha, Suzuki bertemu dan berunding dengan MSMA untuk regulasi apa yang bisa disetujui kedepannya, khususnya soal elektronik dan aerodinamik. Untuk sektor aerodinamik ini, karena kurang spesifiknya regulasi membuat desain winglet sangat beragam saat uji pre season kemarin. semua team berlomba-lomba membuat variasi winglet sesuai karakter sirkuit masing-masing. Tentu hal ini membuat biaya riset membengkak dan bertentangan dengan tujuan regulasi awal : menghemat anggaran riset.

Team KTM adalah team yang paling vocal tentang regulasi winglet. Mereka sangat tidak setuju dengan pengadaan winglet di motogp. Sedangkan pihak oposisinya, tentu team Ducati yang sudah jor-joran uang untuk riset aerodinamika ini. Team yamaha memilih untuk diam, tidak berpihak… Sedangkan team lain seperti suzuki, honda, aprilia setuju dengan proposal KTM tentang pelarangan winglet.

Proposal pelarangan aerodinamik KTM ini berdasarkan diskusi KTM dengan para expert aerodinamik ( kemungkinan pihak RedBull yang mensupport F1, dimana aerodinamika begitu Vital. menurut para pakar, jika motogp memasuki dunia aerodinamika, itu seperti masuk dalam lorong tak berujung yang menghabiskan dan riset. Tidak ada batasan soal aerodinamika, dana harus digelontorkan terus menerus.

Proposal KTM ini dsepakati oleh team-team lain. Namun keputusan ada di tangan MSMA melalui konsensus. Sehingga keputuan tidak bisa diambil segera, dan perundingan akan dilanjutkan saat seri COTA austin USA besok.

Pihak Suzuki sendiri setuju dengan KTM karena dana anggaran buat riset aerodinamika bisa dialihkan ke riset komponen lain yang bisa diaplikasikan di motor produksi seperti suzuki GSXR atau yang lainnya. Tehnologi jenis lain yang aplikable untuk motor produksi bisa dilakukan dengan dana riset aerodinamik tersebut, ujar team suzuki ecstar.

Sedangkan pihak aprilia yang diwakili oleh Romano Albesiano, sebagai enginering dia suka dengan riset aerdinamika, namun jika team lain tidak setuju, aprilia juga tidak akan setuju. team yamaha sendiri belum menjawab ya atau tidak. Sedangkan Ducati, jelas IYA….IYA… IYA… sudah keluar duit banyak buat develop winglet, mosok dilarang?????

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Be the first to comment

Leave a Reply