Suzuki Indonesia : Sport 250 ? Kita Tidak Mau Terjebak…..

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Saat acara halal bihalal antara SIS dan media beberapa waktu yang lalu, Ngadimin sempat menangkap nasib motor sport Suzuki kelas 250. Saat itu pak Yohan Yahya sempat bilang : Untuk sport 250, kita, Suzuki tidak mau terjebak dengan keadaan.

Sebelum ke tema utama, kita obrolin dulu runtutan kejadiannya. Dalam acara ramah tamah yang rileks, Suzuki Indomobil sales juga memperkenalkan 2 squad baru di jajaran marketing. Dua orang Jepang langsung akan mensupervisi, melihat dinamika market motor Indonesia. Dan tentunya sebagai bahan rekomendasi untuk Suzuki Jepang sana mengenal karakteristik pasar motor Indonesia dan spesifikasi motor apa saja yang harus diciptakan untuk pasar.

Mereka adalah Ota san dan Mimuro dan dari Jepang. Mereka akan bertanggung jawab untuk mensupervisi khusus penjualan divisi roda dua Suzuki Indonesia. Sepertinya Suzuki mulai serius kembali menggarap pasar motor mereka di Indonesia. Gelontoran produksi motor-motor baru akan dilakukan.

Salah satu gossip panas Suzuki adalah kelas sport 250 CC. Banyak netizen menanyakan atau penasaran dengan produk Suzuki di segmen sport 250. Jelas karena adanya info Patent sport full fairing Suzuki gsxr250 yang digadang-gadang punya performa mumpuni di kelas seperempat liter. Banyak yang penasaran ( sekedar penasaran atau niat beli, entahlah ) dan meminta Suzuki untuk menyegerakan Suzuki gsxr250.

Saat ngobrol ringan dengan pak Yohan Yahya, Ngadimin sendiri sempat melontarkan guyon…. Yamaha yang punya sport 250 saja pindah guling ke metik 250 kok….AHM jual kepepet cbr250, Kawasaki memang jualannya itu, ninja 250. Apa Suzuki tertarik dengan seekor semut yang keringatan setelah push up tapi ngga kelihatan push up nya? Pak Yohan hanya terkekeh.

Nah… Ketika beliau ditanya oleh media tentang sport 250, jawabannya adalah :

” Tetap kita pantau kelas sport 250, tapi kita juga harus realistis dong…pasarnya seberapa besar? Jika menarik, tentu kita akan ikutan nyelem. Jangan sampai kita terjebak, sudah membuat proyek besar, eh ternyata segmennya kecil berdarah-darah…darah kotor lagi…. Kan rugi bandar kitanya….”

Saat ditanya : itu kan jika Suzuki melokalkan sport 250 pak? Bagaimana jika barang impor pak? Dijawab :

” Itu bisa saja dilakukan, tinggal kita melihat respon pasar dulu lah dan yang jelas kelayakan harga motornya dulu….. “

Ya…Ngadimin pantau sih, Suzuki belum terlalu berambisi menggarap kelas sport250… Apalagi produk lokal. Kemungkinan besar pun, tinggal jual produk CKD… Berat Lur…. Pasar 2000an unit, itupun buat cakar-cakaran antara Kawasaki, AHM, dan Yamaha…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil