Suzuki GSX-S150 Yang Membuat Kecele….

suzuki

 

Yola dulur yang budiman….. pada saat awal pengenalan suzuki GSX-S150 kemarin sudah ngadimin ulas diferensiasi atau pembeda dari versi full fairingnya, yaitu GSX-R150. Bahkan menurut opini deka, gsx-s150 ini punya perbedaan dengan kompatriot sekelasnya, yaitu yamaha Vixion dan honda CB-150SF. Silahkan cek di artikel ini suzuki-gsx-s150-apa-yang-kamu-tawarkan . Tapi ternyata motor naked satu ini membuat kecele, khususnya ngadimin soal karakter ridingnya dibandingkan versi fairingnya.

Tidak mengherankan memang jika kita, ngadimin khususnya awalnya beropini pembeda gsx-s dengan gsx-r150 adalah di sektor ergonomi saja. Posisi riding saja, dimana gsx-s150 lebih tegak sehingga lebih nyaman untuk rolling turing atau cumak berkommuter ria. Ketinggian setang atau handle bar yang lebih tinggi dibandingkan gsx-r150 lah yang menyebabkan itu semua. That’s it all…. no more….

Kenapa banyak yang berasumsi demikian? ya karena secara spek diatas kertas cumak itu perbedaannya. Soal mesin, dan daleman sama persis tidak ada perubahan apapun. Bahkan menurut informasi sementara yang masuk, grafik performance ECU-nya juga sama persis. Perbandingan ratio gearbox, gear ratio juga sama dengan versi fairing gsx. Profil cam juga idem. Jadi ndak salah juga kalok awalnya berasumsi perbedaan hanya di ergonomi saja.

Sampai pada sesi test ride sesaat di tempat parkiran citos kemarin. Bukan deka memang yang ngetes gsx-s150, namun rekan deka yang secara skill riding diatas deka… percayalah…… Nah setelah berkali-kali ngetes gsx-s150, dan dibandingkan dengan gsx-r150 yang unit testnya juga tersedia, dia mengatakan karakter keduanya sangat berbeda di sektor handling dan agility. Bahkan tarikan terasa lebih ringan gsx-s 150.

Menaiki GSX-S150 terasa lebih lincah untuk diajak kelok-kelok tikungan tajam. Motor ini begitu lincah ditekuk-tekuk, berzig-zag ria sebagai simulasi membelah kemacetan. Sangat berbeda dengan gsx-r150 yang masih tergolong ringan dan nurut diajak rebahan. GSX-R150 lebih asyik untuk menikung cepat atau berkarakter enak buat tikungan kencang, parabolik. Namun soal tikungan tajam patah-patah, gsx-s jauh mengungguli kelincahan gsx-r150.

Soal tarikan yang lebih enteng mungkin tidak begitu kontras dibandingkan gsx-r150. Setelah deka konfirmasi ke pihak suzuki, mungkin hanya karena gsx-s lebih ringan dibandingkan gsxr150 lah yang membuat tarikannya sedikit lebih enteng. Diluar itu… tidak ada ubahan apapun di sektor mesin, menurut doi.

Silver GSX-S150

Mr-Anu juga bilang setelah deka tanya: padahal cumak setang doang yang ditinggikan, kenapa karakter ridingnya bisa sangat terasa beda Bro? ” kita sudah menghitung semuanya, bukan cumak ninggiin setang doang. Tapi bagaimana implikasinya dengan karakter handling…. meskipun hanya merubah sudut setang”. Wehhh…. itungan para insinyur emang beda…. πŸ˜€ .

Jadi gsx-s150 ini memang bukan gsx-r150 yang dibugili sarungnya, tapi emang karakter riding motor naked ini menyajikan hal yang berbeda pula. Sesuai dengan karakter motor naked yang lincah untuk segala kondisi.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

oli sesat murah berkualitas

 

gulf oil

13 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Posisi duduk racy itu cuma kelihatannya saja kencang padahal aslinya selain nggak nyaman juga malah lambat . | Mengupas soal motor

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*