Suzuki GSX-R150 Membuat Pegawai Diler Sumringah Senang

suzuki

 

 

Yola dulur yang budiman…..malam minggu kemarin ngadimin punya kesempatan ngobrol bareng seorang pegawai diler suzuki di daerah cirebon, sebut saja pak Yus. Setelah ngobrol ngalor-ngidul sambil ngopi udud, bisa diambil kesimpulan bahwa suzuki gsxr150 membuatnya sumringah…senang.

Malam itu, jam 21an lebih doi baru kelar kerja mengirim motor suzuki ke konsumen-konsumennya. Rasa lelah menghinggapi, tapi terpancar semangat kerja dan keceriaan. Saat ngadimin nyelutuk, ” baru kelar ngirim pak jam segini ?” , doi membalas dengan jawaban puas, ” iya mas…. Hari ini full sampai malam.”

 

Setelah ditanya, motor apa yang banyak kiriman di cirebon dan sekitarnya? Dia menjawab gsxr150 paling banyak, dan gsx-s150 mulai tiap hari ada pengiriman. Dia berkata, sudah lama tidak merasakan kerja seperti ini, capek sih iya, karena kerja dari pagi sampai lembur malam. Namun semua karena lancarnya rejeki, ya malah senang.

Bahkan dia bercerita, tidak hanya dia, tapi sopir ekspedisi truk pengirim motor dari tambun juga sekarang super sibuk. Sebelum mengirim ke cirebon, sopir ternyata barusan mengirim unit ke Lampung. Dan setelah balik ke tambun lagi, kiriman ke jawa tengah sudah menunggu.

Ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, dimana pak yus ini kadang harus mengambil sendiri unit motor ke tambun menggunakan mobil pickup karena pesanan sedikit. Setelah dihitung-hitung mungkin tidak masuk hitungan ekonomis jika menggunakan ekspedisi truk besar. 

Kala itu sopir pengirim motor ke konsumen bisa merangkap sebagai sopir pengambil unit ke pabrik tambun, atau dipekerjakan di bagian lain, karena sedikitnya pengiriman motor ke konsumen. Namun kini sudah berbeda, keceriaan mereka mulai muncul dan semangat kembali dalam bekerja, job desk kembali jelas.

Ini semua karena duo gsx 150 mulai bisa diterima di publik motor.  Pengiriman tiap hari jalan, bahkan bisa 2 sampai 3 kali rit. Begitu pula dengan para marketingnya, para sales terasa lwbih ringan karena konsumen bahkan ada yang langsung ke diler, atau ngontak sales karena ingin beli gsx, walaupun belum ada tawaran.

Dan yang paling mengejutkan menurut mas sales tersebut, konsumen mulai tahu detail gsxr150 tanpa presentasi sales. Saat ditanya, darimana dia tahu banyak soal gsx150? Para konsumen menjawab : dari internet…… Bahkan saat part variasi gsx150 belum tersedia di diler cirebon, sudah banyak yang menanyakan, karena tahu dari pemberitaan di internet.

Entah benar atau ngga, Mas sales sampai berani nolak uang DP karena khawatir konsumen kelamaan menerima unit, khususnya gsxr150. Inden sudah lebih dari 1 bulan mas, kata mas sales. Interest para calon konsumen kebanyakan dari internet, apalagi saat melihat rekaman di youtube, pemberitaan di blog, itu menambah rasa ketertarikan calon konsumen mas…sambung mas sales. Padahal suzuki sangat minim ngiklan di teve.

Kehebohan gsx150, menurut ngadimin karena SIS terjun langsung mengenalkan gsx150 secara simultan, bahkan dari sebelum motor gsx150 belum muncul secara gamblang di publik. Bahkan hal itu juga yang bikin was-was beberapa diler yang khawatir kualan suzuki satrianya terganggu akibat gencarnya pemberitaan sport 150 suzuki. Namun sekarang deka yakin justru duo gsx150 lah aset panas mereka, licin tandas tanpa pakek gaya kayang salto bin koprol di jalan.

Memang mengendorse produk di media kontak langsung ke konsumen seperti media internet lebih ribet, dan memakan banyak tenaga dibandingkan iklan teve. Harus mengadakan banyak even di lapangan daripada pasang iklan di teve. Tapi sejauh ini, cara itulah yang paling logis dan efektif. Beda cerita ketika pabrikan ngomong A, publik cumak manggut-manggut, tinggal pasang iklan di teve, terus ditinggal tidur, motor laris dengan sendirinya…. :mrgreen: .

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

10 Komentar

  1. iya Sabtu kemarin ane ke dealer Suzuki Purwakarta juga gitu, penjualan GSX 150 sangat bagus.. tiap hari Kacabnya keliling Purwakarta-Karawang buat nganterin unit tesride, dan sehari sebelumnya habis jumatan di pelataran masjid ditawarin tesride GSX-S 150 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*