Super Skutik Suzuki Akan Seperti Apa?

Burgman-400
suzuki

Yola dulur yang budiman.… rumor bahwa suzuki akan bermain di kelas metik segmen medium mungkin sudah banyak yang tahu, bahkan pernah ngadimin angkat di artikel. Lepas benar atau tidaknya rumor tersebut, memang sudah sepantasnya suzuki bermain di kelas metik. Karena segmen bawah sudah ramai banget, otomatis suzuki harus punya metik yang berfungsi sebagai mercusuar…. Yah kalok dianggap kurang shiny sebagai mercusuar, cukup dianggap jadi lampu penerang lah metik kelas medium itu, metik kubikasi 150-200 cc. Nah super metik seperti apa yang ngadimin harapkan?

Ya… mau nggak mau, suzuki harus bermain di kelas medium, atau bahkan atas, sebagai mercusuar, penerang, petunjuk motor-motor kelas massalnya…. entry level, tau bahasa kerennya flagship. Kenapa? karena produk mercusuar bisa dijadikan wakil, acuan publik produk suzuki itu seperti apa. Yamaha bahkan sudah menjadikan kelqas medium sebagai pengeruk uang dengan N-Max dan Aerox-nya. AHM dengan Vario 150 dan PCX. Nah suzuki sebenarnya punya gacoan, Burgman 200.

Namun sayangnya burgman itu bukan produk lokal, dengan kubikasi ” nanggung ” dimarih, dan posisinya yang CBU atau minimal CKD, tentu akan menjadi beban soal bandrol yang akan distempelkan di jidat metik tersebut. Mau tak mau, suzuki harus melokalkan metik kelas medium tersebut. Dan tentunya harus mendekati kubikasi 150 cc, karena semua bermain di kubikasi tersebut. Pertanyaannya, apakah spek 200 cc akan digemari dimarih? Apakah akan di ACC oleh Suzuki Motor Corp Jepang?

Paling aman memang membuat metik basis lokal tapi untuk global, seperti GSX150. Karena publik metiker dimarih suka metik yang berkarakter torquie…. bisa saja mesin gsx150 ditambahin strokenya yang berujung kubikasi naik lebih dari 150… why not… untuk menghemat riset. Apakah suzuki baru akan meriset mesin seperti ini? weh yo bakalan ketinggalan kereta 2-3 kabupaten. Lha gimana cobak? suzuki itu kalok meriset sebuah motor minimal mintak waktu 3 tahun….. nggak mau lebih cepat dari itu. Jadi apakah suzuki sedang meriset mesin metik medium tersebut? Berdoa saja iya…. setelah riset mesin gsx150 kemarin, SMC ada yang ngembangin lagi mesin baru berbasis mesin tersebut…..

Kebetulan temen deka yang “ngakunya orang dalem suzuki” kali ini diam seribu bahasa soal ini…. Maklum…. soal strategi kedepan, bocor dijamin dapur tak ngebul, bahkan bisa ditendang dari gudang suzuki :mrgreen . Jadi menurut ngadimin, kubikasi melebihi metik medium yamaha, bukanlah sebuah keharaman. Justru itu bisa sebagai langkah menghindari kontak langsung dengan sang Status Quo. Suzuki saat ini mau tak mau harus tampil beda, strategi jalan tikus, follow my own way. bukan “rek gambar kucing” kulo nderek wonten nglingking, ngikut di belakang sesuai trend….. Yo dilindes ama duo status quo.

 

Kalok emang dasarnya suzuki itu membuat metik bukan untuk image kencang tarikan bawah, minimal seimbang atau kalah dikit juga ndak apa-apa. tapi soal kenyamanan, Fun riding, reliability metik ala suzuki harus dan wajib dipertahankan. Dekla sendiri sih mimpiin suzuki punya cirikhas tertentu, misalnya metiknya spesialis roda Ring 16 seperti di skywave… Lha terbukati enak, bahkah ueweeenak kok, nyaris mirip kestabilan sebuah motor bebek atau moped. Saat metik dengan ring 14 milih-milih jalan halus, skywave pilih trabas jalan tidak rata…. koyo numpak bebek Lur…..

Soal nama metik medium nya sendiri, terserah mau dikasih nama apa, Burgman oke….eropa banget. Mau Skywave… oke juga, itu nama yang keren. dan kalok bisa ya, diferensiasi tak hanya kubikasi, tapi sektor kaki seperti suspensi belakang monoshock with super link, dan rem cakram belakang, jika tetep keukeuh, ngotot pakai ban ring 14. Jok sadel persis burgman 400. dan tentunya desainnya juga Burgman 400 tersebut sebagai basis desain…. jan ciamik tenan… ( nampung iler 1 ember ).

Bagaimana suzuki? mau nyiapin perakitannya buat metik kelas medium? Semoga mau ya…… #umak-umik dipojokan sambil berdoa…. terkabul…terkabul…terkabul….. 😀 :mrgreen

Bonus : Extreme, Song For Love

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

3 Komentar

  1. Burgman180 cocok tuh kang, saya nunggu2 nih.
    soale ini bini pengen N-Max tapi masih saya tahan ngga saya kasih soale masih ada address.
    kira2 akhir tahun/ awal tahun depan dah muncul kah?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*