Strategi Yamaha Di Kelas Metik Dengan Cara Tebas Kepala?

spyshot N.max
suzuki
spyshot N.max
spyshot N.max

Yola dulur…. tulisan ini terinspirasi dari spyshot metik 150 cc-nya Yamaha yang beredar di publik permotoran beberapa waktu yang lalu. Dengan melihat desain metik sekilas dari spyshot tersebut, deka kira metik ini akan diposisikan untuk mengimbangi pergerakan AHM di kelas metik 150 cc lokal dengan Vario 150 cc. Deka menganggap desain metik yang disinyalir bernama N-max tersebut  masih kurang untuk mengimbangi metik premiumnya AHM PCX. Mungkin saja deka salah menilai karena baru gambar spyshot yang mungkin saja akan berbeda dengan penampakan utuh atau bentuk rielnya nanti.

Yamaha-Majesty-S-125-Red
Yamaha-Majesty-S-125-Red

masih perkiraan deka, nantinya YIMM akan membawa metik CBU yang selevel dengan PCX-150, yaitu antaran X-max atau Majesty-S. Eh ternyata salah perkiraan ane, metik dengan inisial N-max inilah yang akan menemani tingkah polah PCX di pasar metik premium. Awalnya deka ragu dan bertanya-tanya…. msak metik CBU mau dihadapin ama produk lokal, sedangkan mindset segmen ini cenderung meojolkan unsur prestis? terus vario 150 cc entar mau dihadang pakai apa… itulah pemikiran seoarang bike enthusias awam…. ternyata ya memang pihak pabrikan berisi orang-orang ahlinya strategi marketing.

spyshot yamaha nmax
spyshot yamaha nmax

Kalau dari terawangan deka, pihak Yamaha sepertinya ingin menggunakan strategi baru untuk melakukan mission motherland mereka. Memperbaiki penjualan di kelas metikyang makin remuk dikangkangi metik AHM. Sekarang Yamaha sepertinya enggak melayani secara frontal kekuatan AHm….. jelas kalah “bensin” dibandingkani AHM ( punten nih….. analisa biker awam). Mereka mengalihkan perhatian bukan  di core lagi…. bukan antara mio vs beat atau vario vs gt125. Kalau badan lawan badan sampai sekarang membuktikan yamaha kurang bisa mengimbangi kekuatan AHM. Namun sekarang memakai strategi icar kepala….. tebas lehernya dulu… seperti melawan ular naga, kalau kepalanya ditebas, segede apapun badannya, dijamin tak berdaya.

yamaha-nmax-2 spysut

Seperti kita ketahuibersama bahwa metik PCX adalah metik kelas flagshipnya AHM….. lansung impor dan merupakan produk global Honda. Fungsinya untuk memimpin metik-metik AHM secara brand image. Sampai sekarang publik juga menganggap PCX adalah metik yang mempresentasikan kenyamanan, eksklusifitas, kaya fitur, bertehnologi tinggi yang menggambarkan secara keseluruhan metik-metik AHM seperti Vario, beat< scoopy, dan spacy. Sampai sekarangpun kita enggak begitu peduli dengan hasil penjualan PCX…. wajar…. flagship. Nah dengan adanya N-Max ini, berarti nantinya PCX akan ada lawan tanding. Apa senjata N-max yang merupakan produk lokal, kok berani-beraninya lawan produk CBU? Entahlah…. namun yang jelas Yamaha sudah memperhitungkannya…. kalau enggak segi harga ya fitur yang lebih melimpah., kalau soal desain relatif ke selera saja…. meskipun ada pengaruhnya juga.

honda pcx

Kalau produk flagship yang awalnya enggak diekspose penjualannya berapa, nantinya akan diekspose. Ibaratnya mereka akan bentur-benturan kepala, siapa yang menang, maka badan mereka menjadi taruhan…… Ibarat ular naga sekuat apapun tubuhnya kalau kepalanya terpenggal ya akan tahluk juga…..Kalau secara brand image metik premium bisa diambil alih maka pengaruhnya dianggap akan menular ke metik dibawahnya. Lha terus Vario 150 ini dianggap apa sama Yamaha? Well….mungkin dianggap segmen yang merupakan “Aset Sekali Habis”, setelah kepakai sekali langsung habis enggak punya prospek lagi…. mungkin seperti itu. Jadi dibiarkan saja…nanti juga surut dengan sendirinya. Berhasilkah misi menebas kepala ini, atau malah seperti menebas kepala medusa?? tertebas satu muncul kepala yang lain??? entahlah.

Mungkin itulah “pembacaan” deka terhadap langkah Yamaha di kelas metik dengan keberadaan N-max tersebut. Opini mungkin sekali salah, namun mungkin juga ada unsur benarnya, biar nanti waktu yang membuktikan. Jika Dulur sekalian punya opini lain, monggo dishare mawon. Terimakasih.

Bonus….. Megadeth….. Kill The King

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil