SR400 Sepergaulan Estrella Yang Lebih Powerful

(yamaha sr400 35th edition)
suzuki

Yola dulur…. kemaren pihak KMI telah resmi meluncurkan produk motor bergenre retro yang punya nama sesuai akte kelahiran ( 😀 ) yaitu Estrella 250. Motor retro berkubikasi 250 cc ber-output 14,7 hp (7500 rpm), torsi maksimal 18,3 m (5500 rpm). Kali ini biar ngga dianggap mainstream 🙂 , saia mau ngebahas motor sepergaulan Estrella yang bermain dengan gaya retro.

(yamaha sr400 35th edition)
(yamaha sr400 35th edition)

Yup, motor ini adalah SR400 yang aslinya sudah nongol 35 tahun lalu oleh pabrikan Yamaha. Nah… untuk memberikan kesempatan biker sekarang untuk merasakan sensasi, kenikmatan mengendarai motor yang bersifat simpe dan legedaris yamaha me-reborn nih motor. Mari kita berkenalan dengan si retro yang menggotong mesin sesuai namanya 400 cc.

SR400 menggunakan mesin single silinder, 4 stroke, air cooled SOHC, 2 valve. Lha kok spesifikasinya jadul? yo jelas lah ya…. lha wong namanya motor retro, biar sensasi jadulnya dapet. Tapi meskipin jadul, kuda besi ini sudah dimodali pensuplai bahan bakar injeksi, biar low maintenance dan sesuai regulasi gas buang di ngeropah dan amrik sono. Output power yang dihasilkan oleh dapur pacunya sebesar 23 HP di 6500 RPM dan peak torsi  27.4 Nm di 3000 RPM. Performa yang biasa saja untuk kubikasi 400 cc, namun motor ini bukan soal performa yang dicari,tapi sensasi retronya, pleasure an joy ride-nya kalo orang bule bilang. Dengan power dan torsi puncak dicapai di rpm bawah, yamaha seperti mau bilang : motor ini digunakan untuk bersantai ria, nikmatilah berkendara motor…. yamaha sr400 mesin Yang unik dari motor ini adalah ngga ada elektrik staternya, hal ini disengaja untuk mengentalkan unsur retronya. Wah iso aboh kempol nya kalo genjot motor 400 cc nih? tenang…tenang… pihak pabrik sudah megantisipasi ini dengan suatu cara, yaitu fitur dekompresi manual, yang tuasnya ada di sebelah kiri handle setang. Cara mancal kick stater bisa dilihat di video tautan ini :

http://www.yamahamotorsports.com/sport/products/modelvideo/691/1838/0/video.aspx

Untuk kaki-kaki, layaknya motor jadul, masih menggunakan shock stereo untuk belakang dan shock model teleskopik untuk bagian depan. Sedengkan untuk mengurangi laju motor, SR400 mengandalkan rem depan model cakram dual piston dan model teromol bagian belakang. Sedangkan klaim pbarik untuk konsumsi bbmnya 66 mpg atau kiasaran 28km/l ( irit ngga untuk ukuran 400cc ? ). Kabarnya sih motor ini dijual di luar sono dengan bandrol €5990, tinggal kaliin aja dengan 16.700 , lagi-lagi mainan untuk yang berkantong tebal. Buat saia bisa puasa 5 tahun nih kalo sekarang beli tu motor 😀 . Kalau mau mending cb atau binter mercy yang murah… sesuai dengan kantong saia :p .

Soo…mungkinkah motor ini dipasarkan dimarih? THINK AGAIN… Wassalamualaikum

gulf oil