Sport 250 CC Honda Pakai Mesin V-Twin VTR ? Another Local Product…Again

vtr-250 engine
suzuki

Yola dulur…..membaca artikel Wak Haji TMC tentang rumor Sport fairing Honda yang akan menggunakan mesin V-twin silinder miliknya VTR-250, deka menjadi agak merenung barang sejenak dua jenak.

vtr-250 engine
vtr-250 engine

Pertanyaan yang muncul dipikiran ane adalah apa iya Honda (baca AHM) mau memakai mesin V-twin silindernya VTR, bagaimana dengan nasib CBR-250R sekarang? Jelas-jelas mesin VTR itu sangat tangguh, powerfull melebihi mesin CBR 250. Ane juga mencari produk Global Honda yang agak menyimpang juga kaga nemu. produk global Honda biasanya seragam di seluruh dunia baik spek maupun desain.

Namun jika berkaca dari hasil penjualan CBr-250 di marih, jelas AHM geregetan… masak numbangin kawasaki aja belum berhasil. Eh sekarang malah ketambahan Yamaha yang ikutan ngerecokin kelas 250 cc sport, dengan motor yang all new sesuai dengan ekspektasi soal performa dan dual silindernya. Namun apa daya, CBR adalah produk global dan hanya tersedia dalam bentuk single silinder, karena Honda Pusat konsen soal efisiensi dan kadar gas buang yang sangat ketat untuk pasar Eropadan Amerika. Mau minta  sampai mencret ke Honda jepang juga kagak dikasih spek CBR 250 dual silinder khusus pasar Indonesia, selama CBR global masih single silinder. Namun di sisi lain, harga diri Honda di marih juga terkoyak kalau sampai kayak gini terus.

gulf oil
ilustrasi
ilustrasi

Mungkin karena jengah dengan kondisi ini, Honda jepang ngasih segelondongan mesin VTR 250 kepada AHM, sambil bilang, ” nih…ane kasih 1 paket mesin V-twin, garap semua desain bodinya, khusus untuk pasar Indonesia. Tapi produknya nanti jangan diberi nama CBR-250R, itu sudah menjadi produk global….” ( Ini versi deka 😀 ). Yah… masuk akal juga, karena nggak perlu riset soal mesin, tinggal riset membuat body dan desain motor agar sesuai dengan mesin ini. Toh AHM sudah pengalaman membuatnya, tidak kurang dari Tiger, CB150SF, CS-1, dan yang terkini K-45, atau CBR lokal, yang jelas bukan CBR150R.

vtr250_2009_engine_radiator
vtr250_2009_engine_radiator

Yang jelas, andaikata nanti muncul motor sport 250 cc Honda dengan mesin V-twin namanya tidak akan CBR250R, mungkin bisa CBR250F atau pakai inisial seperti CBR250 Vstorm, CBF250R atau yang lain seperti kasus CB150 StreetFire. Dan ini adalah produk lokal khusus Indonesia, bukan produk global, karena biasanya produk global Honda rancang bangun semuanya terpusat di Jepang.

Ini hanya terawangan dari lereng utara gunung Ciremai, yang belum tentu akurat kebenarannya. Hanya memancing para pembaca untuk beropini, dan menjadi sebuah wacana baru bahan obrolan di dunia permotoran yang mengasyikkan ini. Namun jika bener adanya AHm membuat motor sport 250 cc V-twin, asal kualitas dan desainnya mauk selera di marih….siap-siap aja bilang Crush’em…………

Bonus….Megadeth…. Crush’ Em

 

Semoga bermanfaat

Wasssalamualaikum