Spesifikasi PCX 2018….Bukan Hybrid

suzuki

Yola dulur yang budiman….spesifikasi honda pcx sudah dipublish secara umum. Bagi ngadimin ini hal yabg sangat ditunggu, karena penampakan pertama kali pcx 2018 di tokyo motor show ¬†berbentuk all new pcx bermesin hybrid. Ternyata setelah dikenalkan khusus untuk Indonesia, mesin masih selayaknya pcx lawas….bukan hybrid.

Seperti di artikel pcx kemarin, jikalau pcx 2018 memakai mesin hybrid, mesin kombinasi internal combustion dan dinamo listrik, maka ahm seperti menggunakan ajian lampah-lumpuh. Sepertinya ahm masih menggunakan jurus awan…yah, plus minus mendekati yamaha N-Max. Pcx mesin hybrid untuk saat ini terlalu indah walau dalam angan.

Dugaan ngadimin kalau pcx bermesin konvensional sebenarnya sudah terbaca saat muncul gambar bagasi pcx yang full besar. Jika hybrid maka bagasi sebagian akan berisi baterai. Maka jika boleh menebak, maka mesin pcx 2018 ini akan sama dengan mesin pcx150 yang dilokalkan, sama persis dengan vario 150.

Dengan mesin sohc 150 2 klep, liquid cooled, maka secara spek sebenarnya lebih bergengsi yang sohc 4 valve with variable valve. Pcx 2018 adalah facelift major pcx sebelumnya, walaupun honda sangat jeli dalam mengupgrade sektor-sektor yang sangat menarik. Rem cakram belakang menjadi hal yang sangat menonjol. Desain dashboard full digital dan lampu led belakang yang sangat cantik. Begitu juga sektor facia yang nampak modern kekinian.

Secara umum, keseluruhan desain pcx 2018 adalah eleganitas yang dibungkus modernisasi. Aura pcx lama tetap dipertahankan dan dipermak lebih modern. Untuk fitur, tambahan knob kompor gas, alias sudah keyless berarti ahm ikut trend yang sudah dipakai di yamaha aerox, dan suzuki gsxr150. Langkah tepat agar produk nampak mewah.

Hanya di sisi mesin, pcx 2018 nampak inferior dibandingkan N-max. Di sisi yang lain, pcx cukup menjanjikan. Harga yang ditawarkan mulai dari 27 jutaan ( walaupun biasanya akan segera naik ) juga merupakan keunggulan, karena selevel dengan N-max, harga akan dianggap wajar.

Walaupun memakai jurus yang sama, awam dengan sedikit variasi, namun ahm terkenal cukup lihai dalam menggunakan jurus. Apalagi ditambah dengan jurus kagebunshin, alias multiplikasi dan mengeroyok…..sebuah ancaman nyata untuk N-Max.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil