Skywave 08 VS Vario 110, Sama-Sama Lama Ganti Oli, Beda Cerita

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Ini bukan soal perbandingan spek, kualitas, atau harga. Namun hanya cerita enteng-entengan, yang kebetulan melibatkan metik honda vario 110 vs suzuki skywave yang sama-sama jarang ganti oli namun beda cerita soal gejala mesin.

Ada cerita agak lucu saat servis si siwi skywave 08 ke bengkel rekan. Ternyata saat ngadimin datang rekan sedang menggarap honda vario 110 milik anak muda yang modif ala-ala thai dengan ban cacingnya.

Keluhannya mesinnya kasar, dan saat dijajal sebelum servis, emang responnya letoy nggak seperti biasanya….  Selesai servis dan mengetap oli, ternyata sisa oli hanya sekitar 2 gelas, kental hitam pekat. Rekan bilang, ” olinya tinggal dikit… Lama ngga ganti oli ya? “…. Si empunya cuman nyengir…..” Sepertinya iya…servis terakhir 4 bulan yang lalu”.

Mendengar obrolan itu, ngadimin responsif terkekeh sampai pemilik dan rekan menoleh ke ngadimin dan ikutan senyum. Setelah diisi dengan oli ” standar diler ” dan selesai, gantian dia menggarap sisiwi skywave 08.

Dicoba jalan, dan tanpa ba…bi..bu… Langsung dikerjain sambil bilang :” servis rutin dan ganti oli doang kan? “, dan ngadimin cumak manggut-manggut. Setelah servis dan ngetap oli, muncul oli warna hitam pekat…. Tapi volume banyak…. Dia bilang, ” kapan lu terakhir ganti oli? ”

” Ya terakhir ke sini itu kang….” Jawab ngadimin. Dia melongo…. Itu 8 bulan yang lalu…. “Pantesan Lu tadi ketawa, ternyata Lu  pelaku jarang ganti oli juga….malah lebih parah lamanya. Ngadimin cuman ngakak.

” Tapi kan beda kondisinya…ini mesin tetap normal, oli sisa juga masih banyak… Beda oli coy…. Pakek oli tronton”… Dia bertanya, ” kok item banget? ” Itu jarena saia campur pakek minyak jarak… Itu yang memperparah warna gelap. Lagian tuh liat…. Oli gear setahun juga masih bening kan?”.  Dia cumak geleng-geleng kepala  :mrgreen: .

Jadi…jangan sering hilaf ganti oli ya…. Atau gunakan oli yang longdrain kalok dulur tipe males ganti oli… Efek oli itu jangka panjang. Banyak yang ngomong, motorku normal-normal saja, baik-baik saja. Tapi saat dipakai nggak top perform. Jalan sih normal, tapi kinerja sudah drop…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil