Skema Water Bubbler Sistem Aktif

suzuki

Yola dulur yang budiman… Seperti janji ngademin beberapa waktu yang lalu, bahwa ngademin akan membuatkan skema water bubbler sistem aktif. Nah, berhubung sudah diinstal di suzuki gsxr150 dan berfungsi, maka kini saatnya berbagi ilmu.

Salah satu alasan kenapa dibuat water bubbler sistem aktif adalah bahwasanya sistem negatif yang mengandalkan kevacuuman intake manifold, ngademin temukan beberapa kelemahan. Ternyata kevacuman tidak rata…. Ketika rpm bawah vacuum cukup tinggi, namun saat rpm atas, kevacuman berkurang. Dan yang kedua, didapati gejala brebet ( sangat ringan banget ) di rpm tertentu. Untuk kenapa dan jelasnya silahkan klik artikel dibawah ini.

Di artikel tersebut, ngademin singgung bahwa solusinya adalah merubah sistem pasif menjadi aktif. Sistem aktif karena tanpa mengandalkan kevacuuman mesin, namun menggunakan pompa sendiri, sehingga tanpa kevacuuman mesin mampu menyuplai campuran udara+ uap air.

Dan karena tanpa kevacuuman, maka port intake nya bisa digeser ke moncong Throttle Body, atau tepat di box filter udara depan TB ( setelah lapisan filter kertas udara ). Ingat ya…. Posisi port setelah lapisan filter udara, tepat dimuka TB. Karena jika didepan lapisan filter, kadar air bisa tidak lolos… Ini hanya asumsi ya…. Cari aman….

gulf oil

Kemudian, karena menggunakan pompa, maka sistem ini butuh biaya lebih banyak, tergantung harga pompa udaranya… Ngademin menggunakan pompa udara elektrik mini 12 volt seharga 60 ribuan. Silahkan modif sendiri jika memakai sistem pompa lainnya.

Dan karena elektrik, maka ngademin lengkapi dengan saklar di bawah handle bar sebelah kanan sehingga bisa on off sesuai kebutuhan. Kembali mengandalkan alat sisaan dari aplikasi water inject dahulu. Namun jika dulur ingin lebih simple, maka pompa bisa langsung dihubungkan dengan listrik kontak on. Jadi ketika kunci on, pompa langsung aktif.

Sedangkan komponen lainnya sama persis dengan water bubbler sistem negatif. Dengan sistem aktif yang port nya berada di depan TB, maka jarum suntik tidak dibutuhkan lagi. Selang penyuplai langsung masuk ke box filter udara dan nanti tersedot secara otomatis ketika mesin menyala.

Port water bubbler di box filter udara

Untuk biaya pembuatannya sendiri, tidak lebih dari 150 ribu. Kecuali dulur memakai botol tupper ware… Yo jelas mahal 😁😁.

Oh iya…. Bagaimanapun kunci kefektifan water bubbler ini agar bekerja maksimal adalah soal sambungan….. Jangan sampai bocor sehingga suplai dari tabung bubbler tidak berkurang sampai Throttle body. Kalau perlu dudukan selang ditiap sambungan… Itu lebih baik.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum