Skema Water Bubbler Inject

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Setelah kemarin kita menyinggung sedikit dari water bubbler inject, kini ngademin akam memberikan skemanya. Sebelumnya maaf, hanya coretan tangan, jadi gambarnya kurang bagus.

Seperti apa yang disinggung kemarin, water bubbler inject adalah memasukkan udara yang lembab ( mengandung air ) ke intake manifol agar bercampur dengan bbm dan udara dari throttle body, sehingga memaksimalkan pembakaran. Dilihat dari teorinya, tentu kadar air jauh lebih sedikit dibandingkan water inject ( silahkan lihat artikel tentang water inject ).

Dan skema atau bahan yang dibutuhkan sangat-sangat sedikit atau sangat sederhana. Yaitu :

  1. Botol penampung air ( tempat terjadinya bubbler ), cukup 500 ml
  2. Botol kecil untuk water trapper
  3. Selang aquarium
  4. Konektor sambungan selang aquarium ( bisa berbntuk L atau I ), atau bahkan tidak perlu, jika mengabaikan kerapihan
  5. Jarum Suntuk Besar
  6. Lem bakar ( Lebih kuat )
  7. Filter bensin

Jauh lebih sederhana daripada water inject yang butuh switch, saklar dan regulator. Persamaannya hanya pada sistem sedot yang sama-sama mengandalakan vacum dari intake manifold. Harga bahan diatas tak lebih dari 30 ribu. Kenapa tidak butuh switch, saklar dan regulator? Karena kadar air yang tersedot sangat minim. Dan juga bukai air langsung yang tersedot, namun udara. Sehingga ketika posisi mesin mati atau posisi tabung penampung diatas intake, tidak khawatir air turun ke mesin.

Dan juga, ketika mesin dingin dan water bubbler inject aktif menyedot tidak akan mengganggu pembakaran. Yang Ngademin contohkan masih menggunakan switch dan saklar karena memanfaatkan sisa rakitan water inject. Dan yang pasti males untuk bongkar, jadinya tetap terpasang dan buat gaya-gayaan doang…. 😀 😀 .

gulf oil

Oh iya, untuk posisi pemasangan tabung penampungnya, sebisa mungkin dekat mesin. Agar efek pemanasan terjadi dan memudahkan penguapan air. Untuk skemanya, bisa dilihat di gambar atas.

Dari pengamatan sesaat sih, efek ngelitik masih absen, meskipun sudah diganti dengan water bubbler… efeknya hampir sama dengan water inject. Untuk penurun suhu mesinnya, belum ngademin amati. Untuk lebih gamblangnya, silahkan cek video dibawah ini.