Sidang Ducati : Keputusan Diambil Minggu Depan…. Begini Simulasinya

suzuki

Yola dulur yang budiman… sidang komplain part aerodinamik tambahan ducati telah berlangsung tadi. Dan saat ini masih dalam taraf pertimbangan hakim, sedangkan putusan pengadilan akan disampaikan minggu depan.

Sidang dilakukan di Jenewa swiss tepat jam 11 siang. Sidang pertama ini untuk mendengarkan protes dari team aprilia, suzuki, honda dan KTM. Kemudian dilanjutkan untuk mendengar tanggapan dari team ducati. Untuk team Honda dan KTM, mereka membawa masing-masing 1 lawyer. Sedangkan aprilia dan suzuki bergabung menjadi 1 lawyer saja. Total ada 3 lawyer dari team protes.

Yang menarik adalah bahwasanya tiga hakim FIM (
Anand Sashidharan (India), Lars Nilsson (Sweden) dan Sakari Vuorensola (Finland) ) sudah ke tahap meminta data-data spesifik tentang part yang diprotes, yaitu airscoop swingarm.

Dari data tersebut akan diputuskan bagaimana nanti hasil persidangannya. Data sudah ada di tangan para hakim, dan akan dirembug dan diputuskan minggu depan.

Secara rumor dan diskusi antar pakar aerodinamika, dan ini menjadi bahan utama team protes. Bahwa part airscoop tersebut adalah komponen ” aerodinamika tambahan terpasang diluar fairing ” dan ini adalah terlarang sesuai pasal regulasi motogp.

Sedangkan dari pihak ducati, memalui team tehnis mereka mengatakan bahwa komponen tambahan di swing arm mereka fungsinya untuk mendinginkan ban, sesuai dengan laporan mereka ke direktur tehnis Motogp, Dany Aldridge.

Untuk opini ngademin, dari sekian banyak rujukan referensi dan berita, bisa diambil beberapa poin.

  • awal musim dany aldridge membuka pintu part tambahan di swing arm
  • Part ducati disetujui oleh direktur tehnis motogp
  • sepengetahuan direktur tehnis fungsinya mendinginkan ban ( tanpa uji aerodinamik )
  • diskusi ahli aerodinamika mengatakan part tersebut mendinginkan ban belakang dengan cara ” meng generated ” atau menambah downforce ban belakang. Dan ini adalah sistem aerodinamika.

Team aprilia sendiri sebenarnya hanya mempermasalahkan komponen tersebut dilarang, bukan untuk membatalkan kemenangan dovizioso di seri losail.

Kalau ngademin boleh membuat simulasi hasilnya nanti, maka bisa terjadi beberapa opsi :

  • Ducati lolos dan boleh melanjutkan memakai komponen tambahan tersebut sampai akhir musim….. ini bisa berefek team lain meniru part yang sama…. karena ternyata diperbolehkan.
  • komponen tersebut dianggap terlarang karena melibatkan downforce ( aerodinamika )… Ducati bersalah, part dilarang, semua hasil balapan ducati di seri losail dicabut. Jika ini yang terjadi, maka team ducati akan balik menuntut honda soal winglet mereka.
  • Komponen tersebut dinyatakan terlarang dan tidak boleh dipakai untuk seri berikutnya, Hasil losail tidak diganggu gugat karena ducati hanya berbeda intepretasi pasal aerodinamik tambahan. Jika ini yang terjadi, bisa jadi ducati juga akan bisa menerima hasil sidang, namun akan mengajukan protes winglet honda juga tidak boleh dipakai.

Dari tiga opsi diatas, sepertinya pilihan terakhir adalah jalan tengah di dunia motogp yang penuh dengan intrik dan kepentingan.

Kita lihat saja keputusannya minggu depan.

gulf oil