Siapkah Konsumen Indonesia Dengan R125?

yamaha r125
suzuki

Yola dulur…tergelitik dengan artikel bro munivikoko soal r125, deka langsung ke tekape, otosiana sebagai sumber referensi berita.

yamaha r125
yamaha r125

Di sana mengulas peluang motor klan YZF dengan cc terkecil yaitu 125 cc. Sebuah motor sport full fairing yang secara desain racy abiz, bahkan menurut ane lebih racy ini dibanding kakaknya, R15 IMHO.

Yamaha YZF-R125 model 2014 terbarunya sudah mengalami facelift. Dimana face terbarunya yang sangat keren dan garang merupakan penggabungan antara bawaan R125 dengan air-duct milik R6. Belum lagi bodyworknya yang masih kental dengan aroma R1.  Dibandingkan dengan R15, mesinnya lebih kecil sesuai dengan kode namanya, yakni SOHC single cylinder 124,7 cc (dibulatkan 125 cc). Mesin itu bertenaga 14,8 Hp pada putaran mesin 9.000 rpm. Namun yang paling menarik, motor ini malah sudah dibekali shock depan model up-side down.

yamaha r125
yamaha r125

Menurut otosiana yang bisa mewancarai petinggi YIMM mendapatkan khawar bahwa YIMM membuka kemungkinan memasarkan R125 ini dimarih, dengan syarat banyak yang menginginkannya. Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuat statemen

“R125 apakah akan masuk Indonesia karena begitu ramai dibicarakan … Kalau konsumen Indonesia sangat besar dan mau membeli R125, kita akan tunggu dulu. Kita akan lihat ya.”

“Memang kita lihat R125 sangat cocok dengan Indonesia… Kita sesuaikan dengan konsumen, Yamaha siap,” ujarnya.

gulf oil
yamaha r125
yamaha r125

Nah… kata kuncinya adalah konsumen dimarih mau membeli r125 ini ngga? alias konsumen siap ndak dengan r125 ini? Ini yang lagi dianalisa oleh YIMM, biar ndak kecelik… udah disediain motornya….eh…. malah ndak laku… bisa berabe tuh…. Kok yang siap malah konsumen, bukan YIMM sendiri?

Maksudnya siap adalah respon konsumen motor dimarih menerima ndak motor R125 ini. Secara image di kita yang namanya motor full fairing kan identik dengan keren, kenceng, powerfull, lincah, melebihi versi naked sekelasnya. Lha ini motor racy full fairing namun cc “cuma” 125 cc sohc, powernya pun “hanya” 14an dk, kalah jauh dibanding New Vixion yang 16 koma, apa ndak dibully dulu nih motor.

old Yamaha YZF R125
old Yamaha YZF R125

R125 sendiri awalnya hanya khusus dijual di eropa dimana sana ada perjenjangan dalam naik motor. Untuk pemula mendapatkan sim pemula, dimana kelas 125 menjadi favorit untuk biker newbie, makanya R125 ini meski bercc kecil namun dibekali dengan fitur wah,  karena disana tidak ada gengsi di cc kecil….hanya melihat peruntukannya saja. Berbeda dengan di marih yang ndak ada perjenjangan naik motor, yang baru bisa naik motor, bisa saja langsung membeli kelas 150 sampai 250 cc, makin gede makin menunjukkan status sosial. Nah maksud dari siap itu di posisi psikologis ini bro.

Nah hal-hal yang diluar tehnis sebuah motor seperti ini juga tidak luput dari perhatian kumpeni. Dan mungkin YIMM lagi mengadakan penelitian akan hal itu. Andai saja motor ini dipasarkan, kalau deka boleh menerawang, mungkin pangsa pasarnya memang anak berumur 17-25 tahun kali yak????

Masak udah terbiasa naik ninja malah ganti pake cc 125? hal yang masih dianggap aneh untuk biker dimarih…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum