Senjata Yamaha R-15 Adalah VVA Dan Slipper Clutch

suzuki

new-r15

Yola dulur yang budiman……. di artikel bocoran yamaha R-15 beberapa waktu yang lalu, ngadimin mengatakan bahwa peningkat performa mesin baru R-15 dan kemungkinan juga akan dipasang di next vixion adalah mesin 155 cc dengan dilengkapi VVA, variable valve actuator. Namun kita bicara R-15 dulu, daripada next vixion.  Mungkin  secara power akan main di angka 18 koma ps atau 17 koma DK. Namun deka bilang ada satu senjata lagi di sektor efisiensi penyalutran tenaga….. Slipper clutch

Bocoran soal slipper clutch memang sudah deka dekap lama, tapi berhubung disuruh bungkam dulu, maka deka hanya ngasih clue saja. Silahkan cek di artikel ini

Selain VVA, Ada Pendongkrak Performa Di MesinYamaha New R-15

gulf oil

Di situ deka bilang ada tambahan tehnologi, part diantara crankshaft atau setang seker sampai gearbox dan roda belakang. Yamaha memberikan part agar power delivery lebih efisien, khususnya ke gearbox mesin, khususnya di daerah kopling. Dan part inilah yang dinamakan Slipper Clutch…. seperti yang sudah terpasang di kawasaki ninja 250 SE.

assist and slipper clutch
assist and slipper clutch

Well…. berarti deka secara pribadi sudah memegang amanah untuk menjaga rahasia. Berhubung besok ada pengenalan akan sosok R15 oleh vinales, dan para media sudah dibocori akan mesin vva dan slipper clutch, maka ngadimin melepas pelukan rahasia Slipper clutch di R-15 ini. Jadi memang benar, selain VVA, mesin R15 juga akan dibekali kopling Slipper clutch agar perpindahan gigi lebih cepat dan mengurangi drop rpm dan power.

Dengan dua bekal tehnologi ini R-15 akan bersaing secara performa dengan CBR150 dan tentunya suzuki GSX-R150 yang sejauh ini diatas kertas tertinggi performanya. Kalok gsxr bermain di efisiensi volume metric dan rpm tinggi dengan DOHC nya, maka R15 bermain di akselerasi dan efisiensi power delivery….. CBR-150 sendiri bermain dengan keseimbangan torsi dan power mesin oversquare dibantu DOHCnya…… Sepertinya yang akan terkena tekanan terbesar adalah yang terakhir….. performa motor lho ya…. bukan penjualan…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum