Semoga Kesempatan R25 Pakai Banana Arm Dan Monocross Masih Terbuka

yamaha-yzf-r25 from pertamax7
suzuki

Yola dulur… tadi pagi spyshoot motor seperempat liter twin silinder Yamaha R25 muncul lagi, lebih terang, lebih gamblang, meski belum vulgar… 😀 .

yamaha-yzf-r25 from pertamax7
yamaha-yzf-r25 from pertamax7

Kalau dikumpul-kumpulkan gambar spyshoot dan renderan gambar R25 ini, nampaknya motor ini punya desain MogeLook ala R6 yang cakep itu. Namun sebagian pengamat dan bike enthusias menyayangkan absennya banana arm dan shock belakang yang belum menganut sistem link-nya yamaha yaitu monocross. Sedangkan kelas yang sama kompetitor sudah menganut suspensi link.

Harapan para bike enthusias sih bikin motor 250 cc moge look jangan nanggung, lha wong moge saja pakai banana arm dan sistem shock canggih, masak r25 masih pakai yang konvensional?.. Yups… mungkin pihak Yamaha menekan harga produksi agar R25 kompetitif di sektor harga, sehingga diputuskan untuk meng-absenkan  dua vitur tersebut. Mungkin juga dipertimbangkan oleh pabrik bahwa yang sekarang nempel nggak pengaruh terhadap performa, hanya berkurang dari segi estetika dan gengsi saja.

gulf oil
r25_spyshot from tmcblog
r25_spyshot from tmcblog
yamaha-r25-spyshoot
yamaha-r25-spyshoot

Namun jika melihat kelas yang dituju oleh R25 ini merupakan kelas yang termasuk highclass meskipun bukan moge, harusnya 2 fitur itu nemplok di motor ini. Its OK jika saat ini absen karena Yamaha ingin membuat image motor sportnya bagus, performa mantap, desain cakep dengan harga di bawah kompetitor. Namun menurut deka akan lebih afdol jika Yamaha menyediakan versi ultimate-nya yang sudah membawa suspensi monocross, swing arm banana, dan suspensi depan upside-down.

Untuk yang minta frame deltabox, sepertinya syusyah bro, soalnya perubahan ini termasuk radikal, harus desain ulang rangka dan bodi, butuh biaya besar. Lagian 2 kompetitornya nggak ada yang memakai frame tersebut. Namun ketiga perubahan tersebut sepertinya ngga perlu penelitian lama dan tidak terlalu memakan biaya. Resikonya nanti harga jual akan melambung… yo ndak masalah… namanya juga ultimate, atau versi upgrade. Ini tidak akan dicap overprice, kalau pengin yang murah tuh ada yang standar, kalau ingin yang lebih cakep… nah yang ultimate ada tuh…….

Gimana YIMM??? masuk ngga opini ane???? Desainnya udah masuk lho…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

19 Komentar

  1. ya…special edition wajib jd pertimbangan bwt yamaha..kalo kek gini doang sih gada istimewanya bwt lawan ninin mah…biasa aja, yg ane seselin tuh tangkinya knp pake ikut KB sih ,sgala pk kondom bner2 ngejar hrg murah..ninin aje tangkinya asli ga ikut KB pdhal bnyk lekukannya..hrg pling beda 2-3 jt doang sih ane mnding pilih ninin

  2. repotnya R25 itu dirancang buat pasar global
    dan di pasar global segment 250 dan 300 itu masuk ke segment motor murah bukan dianggap high class seperti di sini

    jadi R25 mau gak mau mengikuti standar global sebagai motor entry level yg dimana segment ini sensitif dengan harga kalo mau bersaing dengan kompetitornya

    di kelas 650 dan 700 cc aja sekarang pabrikan motor rame bikin versi murah seperti CBR650F gak pake Prolink dan USD … MT-07 yg swing arm nya identik dengan R25 dan gak pake link monocross

    sebenarnya gak perlu minder juga walau R25 gak pake link monocross, KTM duke series dan KTM RC series yg lebih premium saja gak pake monoshok prolink kok padahal cc nya lebih besar, moge moge juga banyak yg gak pake prolink contohnya Ducati monster :mrgreen:

Leave a Reply