Sekencang-Kencangnya Bebek Atau Ayago… Lebih Enak Motor Sport Untuk Riding Jarak Jauh

mesin ducati dengan dvt
suzuki

Yola dulur…. sekarang ini sedang hangat tentang akan munculnya motor underbone, aka bebek dan ayago yang akan dibekali mesin kencang 150 cc ala sport 150cc. Sebelumnya memang sudah ada Satria F yang menggendong mesin 150 cc DOHC, kini akan muncul Jupiter MX King yang mengalami bengkak kubikasi dari versi sebelumnya, 135 ke 150 cc. Belum lagi nanti menyusul CS1 reborn yang juga akan dibekali mesin DOHC 150 cc. Motor-motor underbone tersebut disinyalir nggak akan kalah kencang dibandingkan versi sportnya…. PWR adalah kuncinya.

excitermx king
excitermx king

Namun bebek, ayago tetaplah motor underbone, bodi dan rangka kecil, saat dicangkokkan mesin powerfull khas motor batangan tentu menjadikannya motor yang bukan sembarangan. Dari sejarahnya yang namanya motor underbone adalah motor yang diciptakan untuk kommuter, serbaguna untuk aktivitas harian. Saat disulap menjadi motor kencang, tentu ada batasan yang tidak boleh dilanggar untuk keselamatan pengendara.

Ya…. Dengan power to weight rasio yang besar tentu motor ini enak sekali buat kebut-kebutan. Bodinya yang kecil membuatnya lincah untuk selip sana selip sini, apalagi dibekali dengan mesin motor sport 150 cc…. Dengan power yang sama namun bobot lebih ringan tentu akan menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan motor sport.

satria_f150-se
satria_f150-se

Namun itu bicara performa motor, belum bicara kenyamanan atau kenikmatan berkendara. underbone kencang memang bisa mengalahkan motor sport secara performa, namun saat digunakan untuk perjalanan menengah sampai jauh, katakanlah diatas 60 km, maka akan terasa perbedaannya. Meskipun sama-sama kencang, namun motor sport lebih enak dikendarai dibandingkan underbone. Berat motor, desain rangka sangat mendukung untuk aktivitas berkendara kencang dan lama.

Berbeda dengan motor underbone yang rangka dan bodinya didesain untuk motor yang habitatnya untuk jarak menengah ke bawah. Saat digunakan berlama-lama tentu efek ke tubuh rider akan lebih besar. Daya serap benturan dan getaran, vibrasi dari mesin, kestabilan saat di kecepatan tinggi yang kalah dibandingkan motor sport membuat motor underbone tidak senyaman motor sport.

sonic125rs
sonic125rs

So…. buat dulur yang mengendarai motor underbone kencang, entah bebek super atau ayago…. ketahuilah batasan motor anda, bagaimanapun kencangnya motor ini, namun ini bukanlah motor sport…..

Bonus : We Wish Magic…… By Van Halen

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

gulf oil