Sekali Lagi YIMM Memanfaatkan Momentum R15 Dengan Cerdas

suzuki

Yola dulur….. Yamaha R15 memang membuka gebrakannya dengan cara sensasional. Dengan memakai strategi simpang-siurnya perilisan dan pricing harga plus bonus helm replika Jorge Lorenzo bisa meng-shifting efek wow yang awalnya redup.

inden r15

Ditambah dengan marketing baru memakai cara inden online, membuat R15 diserbu dalam waktu nggak lebih dari 24 jam 1500 unit yang disediakan ludes terbakar terjual. Sebuah pencapaian yang spektakuler untuk penjualan motor sport 150 cc seharga 28 jutaan, sebuah hysteria  demand . Selain berhasil dalam bidang penjualan, R15 juga mendapatkan perhatian khusus dan menjadi trending topik dimana-mana di kalangan bike enthusias. Sebuah langkah pintar untuk menanamkan image motor ke potensial buyer. Semakin sering dibahas, semakin bagus untuk image produk, apalagi yang dibahas adalah hal yang sensasiaonal, bukan isu negatif. Seperti yang dibahas pada artikel ini .

iklan r15 tutup

YIMM sepertinya ingin memanfaatkan segala aspek yang menguntungkan image R15 yang sudah kadung booming ini. Ibarat manajemen artis, ingin memaksimalkan situasi dimana artisnya lagi ngetop dan lagi di puncak popularitasnya, mumpung lagi tenar…ya dimanfaatkan. Mendapatkan Respon konsumen yang luar biasa, YIMM secara cerdas memanfaatkan situasi ini menjadi isu yang membuat Image R15 adalah produk yang luar biasa laris dan memang menjadi motor sport 150 cc full fairing yang sangat diinginkan oleh konsumen. Caranya tidak dengan secara vulgar, namun dibungkus dengan iklan permohonan maaf kepada konsumen, bahwa R15 sold-out, sehingga jika ingin membeli R15 akan inden agak lama.

Apakah cara ini salah?? ya ndak lah yauw… lha wong nyatanya R15 ini terbukti habis dalam satu hari kok. Beda cerita kalau motor ini disimpan digudang, namun diberitakan telah habis terjual… bo’ong namanya, atau dengan cara disebar dulu ke semua diler, sehingga “terlihat” laris manis terjual, padahal baru pendistribusian bukan penjualan… ini masih semu. Ini hanya memanfaatkan momentumyang tepat, atau bahasa kasarnya aji mumpung… mumpung laris ya dieksploitasi secara maksimal. Hal yang sangat normal, bahkan cerdas dalam strategi marketing.

iklan maaf yamaha

Namun cara ini mempunyai resiko sampingan.Dengan terbatasanya produksi R15 akan membuat potensial buyer menghadapi masalah…INDEN LAMA. Karena merujuk pada berita bahwa forecast R15 ini adalah 50.000 unit pertahun atau 4000an perbulan, sebenarnya angka yang relatif tinggi untuk penjualan motor kelas sport fairing. namun jikalau ternyata respon sangat tinggi dan melebihi angka produksi dalam sebulan, dikhawatirkan akan membuat shifting demand. Daripada nunggu terlalu lama mending ambil yang ada, toh barang tersedia, ready stock. Kecuali memang calon pembeli itu sudah terhipnotis terlalu dalam sampai ke zona beta-teta 😀 ….pokoke R limolas, nek ora iki mending ora…  😀 .

Bagaimana YIMM? bisakah membuat R15 menjadi motor yang laris dalam jangka waktu lama seperti halnya generasi Vixion? bukan hanya “aset sekali habis”. Booming di awal, setelah itu mak klempus... Sebuah rangkain langkah yang patut ditunggu.

Bonus…. Def Leppard…. Hysteria

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil