Sedikit Cerita Tentang Suzuki Katana 150

suzuki

Beberapa waktu yang lalu muncul gambar suzuki katana 150 yang dibuat artikel di sebuah media jepang, Young Machine. Ngademin jadi ingat sebuah cerita tentang katana 150 tersebut.

Ditarik ke belakang, kemunculan suzuki katana reborn, yang kubikasi 1000 cc ya, membuat penggemar motor serasa mendapatkan gairah segar. Motor ikonik suzuki yang sudah mati puluhan tahun dihidupkan kembali. Katana merupakan sebuah line up ningratnya suzuki. Legacy dari suzuki motorcycle, Blue royal suzuki bike.

Desain yang mencirikan khas garis motor suzuki itulah kekuatan katana. Bukan soal performance, bukan pula soal tehnologi yang tersemat. Namun image publik motor ( moge ), saat melihat motor katana adalah : ini suzuki katana….. Dengan segudang cerita keunikan desainnya.

Ketika suzuki katana reborn, berseliweran opini di medsos…. Wah… keren banget kalau suzuki mengeluarkan katana edisi kecil… 150 cc. Pasti laku…. Secara desainnya keren banget.

Apalagi saat muncul foto renderan di majalah young machine. Wooow… Keren sekali. Inilah jawaban suzuki untuk kelas sport 150 cc? Inilah motor sport 150 cc yang akan merubah nasib suzuki di kelas ini? Itu adalah opini yang beredar.

Ngademin sendiri masih ragu-ragu. Itu bsru sebatas foto renderan. Bisa sangat keren kelihatannya. Karena baru 2 dimensi. Bagaimana jika secara 3 dimensi, atau riil?

Mari kita bayangkan, desain suzuki katana yang kekar, berotor, memamerkan blok mesinnya yang gedhe, kemudian dikecilkan menjadi seukuran suzuki bandit 150, dan memakai mesin yang sama. Apakah masih nampak akan segagah yang 1000 cc? Itu adalah pertanyaan mendasar.

Kemudian ngademin sempat mendengar ucapan langsung dari pihak Suzuki. Tepatnya ” keceplosan “, mungkin karena terbawa euforia ketakjuban media dengan suzuki katana 1000 yang dipamerkan. Yang jelas petinggi berasal dari jepang, ngademin lupa siapa. Beliau bicara dengan semangat:

Bagaimana jika Suzuki katana kita buat 150cc? Keren kan? Kita akan membuatnya….

Ucapan itu kurang lebih setahunan yang lalu. Dan pertanyaan-pertanyaan ngademin muncul… Bukannya tak setuju… Tapi apa suzuki tak kapok di sport 150? Mengapa membuat produk baru? Sedangkan gsxs150 dan bandit 150 saja masih banyak ruang untuk diexplore desainnya?

Belum lagi trend pasar sekarang adalah metik… Bukan sport kommuter. Atau sekalian dual purpose yang mulai ngetrend kembali.

Jadi lebih baik ide tentang suzuki katana kecil untuk sementara tenggelamkan dulu. Masih ada yng lebih penting sekarang. Metik, supermetik, dan new desain suzuki bandit 150, sama dual purpose.

Suzuki katana memang keren. Namun ini soal pilihan, gambling atau menangkap kesempatan di depan mata.

Bonus : Gamble Rumble

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply