Satu Lagi Korban Minyak Sereh Kayu Putih, Avanza 2012

suzuki

Ketika ngademin mempraktekkan minyak kayu putih dan minyak sereh sebagai bio additive bbm, banyak yang tidak percaya. Tapi begitu langsung dipraktekkan, ternyata memang ada efeknya. Salah satu korban adalah mobil avanza 2012 milik rekan.

Tak sedikit pula yang menantang : akan saya coba, tapi kalau terjadi kerusakan, apakah ngademin mau ganti? Lah…. ngademin tidak jualan, hanya share testimoni praktek saja. Dan sampai sekarang, semua kendaraan ngademin, pasti menggunakan MKP+Sitronella ( minyak sereh ) untuk sampuran bensinnya. So far… Ya ndak ada yang rusak tuh.

Uji coba pertama kalinya, silahkan cek di artikel berikut ini.

Kebetulan, ngademin membuat oplosan MKP+ Sitronella ditempatkan di sebuah botol bekas liquid Vape. Suka saja dengan gelas kaca dan tutupnya ada pipetnya. Jadi enak untuk menuang ke tangki bbm.

Kebetulan ngademin ada kerja lapangan di daerah purwakarta. Ngademin dijemput dan diantar oleh Head Unit wilayah tersebut. Kendaraan dinasnya adalah seekor toyota avanza tahun 2012. Bbm yang ditenggak adalah jenis pertalite atau premium 88. Saat mau ke farm, dia minta ijin untuk isi bbm. Dan kebetulan pula ngademin bawa itu oplosan dalam tas.

Saat mau isi bbm, rekan ngademin suruh minggir dulu sebelum antri. Saya tanya, ” mau isi berapa bbmnya? ” 200 ribu katanya. Setelah itu saya minta untuk meneteskan oplosan dalam botol tersebut, masukkan 10 sedotan ( sekitar 10 ml ) ke tangki sebelum isi. ” Bikin rusak ngga pak?” Katanya. Saya jawab : kalau rusak, klaim kantor saja… 😁😁.

Singkat kata, sukses mengisi bbm dan melanjutkan perjalanan. Dia bertanya, ” tadi apaan pak, baunya seperti minyak oles bayi?”. Saya jawab sambil ketawa.

Serengah jam perjalanan, sampai di daerah Wanayasa, dia berkata : wah pak… mobilnya jadi enak banget, mesin jadi halus ( tidak ngelitik, red ), tarikan juga enak banget, seperti baru diservis. Mujarab pak ramuannya. Bikinkan 1 botol buat stok saya, boleh pak?”. Saya cuman jawab : bikin aja sendiri, itu oplosan minyak kayu putih dan minyak sereh. Cari sendiri sono.

Itu sekelumit cerita tentang efek minyak kayu putih dan minyak sereh sebagai additive bbm. Setahu ngademin, fungsinya hanya untuk meningkatkan titik bakar bbm, dan efek oksigenouse ( mengikat oksigen lebih banyak ) dari dua minyak nabati tersebut. Atau disebut minyak atsiri. Sedangkan efek pembersih tidak ada. Itulah bedanya dengan additive bbm aftermarket berbahan dasar destillated petrolium dan atau turunan alkohol.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply