Satria FI Lebih Powerfull Karena Sonic? Oh…..Jawabannya Tidak !!!

suzuki
new satria fi
new satria fi

Yola dulur yang budiman…… Banyak yang beranggapan bahwa karena keberadaan Sonic membuat pihak SIS meradang dan membuat strategi bumi hangus, next satria kudu bener-bener killer. Satria FI dibuat lebih powerfull karena sonic punya performa di atas satria FU, jadi new satria harus di atas sonic, gitu ? Kalau dari opini deka kok tidak ya……

Ya…. banyak pihak bilang, produk terbaru harus lebih baik secara performa dibandingkan produk yang lahir sebelumnya. Kalau sama saja atau bahkan kurang, namanya bukan progres. Kalau dari kacamata ini, kita seperti mau bilang bahwa suzuki berkaca dari platform sonic kemudian membuat satria berperforma lebih dari sonic. Ayago ahm tersebut menjadi acuan SIS untuk membuat new satria F…. Sekali lagi deka jawab… TIDAK…..

Kenapa deka bilang dengan mantab seperti itu? karena deka tahu kalau proyek satria FI ini sudah berjalan sebelum 2015. Tahun 2014an, pihak SIS sudah mulai membuat wacana membuat motor-motor baru, termasuk revolusi dari satria FU. Karena mau tidak mau akan mengikuti aturan EURO 3 yang akan berlaku. Riset mesin baru di kelas 150 cc injeksi yang akan dipakai bersamaan di beberapa motor sudah mulai di riset setidaknya di tahun 2014, atau bahkan sebelumnya. Semenjak ada perombakan di tubuh SIS dengan menurunkan staff di bagian mobil ke motor, SIS sudah mulai mengadakan pergerakan.

crankcase satria fi
crankcase satria fi

Riset mesin baru 150 cc ini yang pertama akan disematkan dulu ke motor paling larisnya suzuki, apalagi kalau bukan satria. Jadi schedule pembuatan new satria F sebenarnya sebelum atau hampir bersamaan dengan wacana AHM untuk bermain ayago, sebelum fisik sonic lahir. Namun gerak AHM yang punya kapital atau modal jaaauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhh lebih besar dibandingkan suzuki, maka sonic brojol duluan. Suzuki tetap menjalankan schedule riset mereka sesuai kemampuannya.

Apalagi yang namanya pengajuan motor baru di tubuh suzuki ini ruwetnya minta ampun. Harus melibatkan pihak suzuki jepang, kudu survey sana-sini, sampai printilan kecil seperti sekrup pun pihak suzuki jepang harus tahu langsung.  Makanya nggak heran waktu itu walaupun motor baru belum ada, tapi pihak SIS menjanjikan motor yang powerfull, pak Yahya sebagai pihak SIS sampai bilang…. “catat omongan saya”.

Memang pihak suzuki sangat menutup-nutupi proyek satria FI ini, mereka malah melakukan strategi “isi waktu luang” dengan satria FU euro3. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga demand satria fu tidak turun karena rumor satria FI, walaupun memang secara penjualan juga tidak bisa dibilang sukses, karena performa yang tersedak karena catcon segede gaban.

mesin sport 150 cc suzuki
mesin sport 150 cc suzuki

Deka waktu itu sudah dapat bocoran dari rekan deka yang “ngakunya orang dalam suzuki” tentang proyek ini. Cuma doi mewanti-wanti jangan diblow up sebelum waktunya, ini masalah dapur ngebul keluarga. Sehingga deka hanya menulis artikel terawangan  di bulan desember 2014 silam

proyek-suzuki-satria-f-injeksi-udangnya-lebih-gurih-lho

Disitu ditulis bahwa mesin baru yang dikembangkan oleh suzuki bener-bener serius karena akan menjadi mesin unified atau mesin bersama di beberapa motor kelas 150 cc. Andaikata performa mesin satria sekarang ternyata hanya 11-12 sama kompetitor, sebenarnya itu  hanya soal setingan mesin saja. Belum maksimal potensinya, karena potensi sesungguhnya mesin itu akan dicangkokkan ke motor sport atau motor nakednya nanti.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil