Satria 150 FI VS Sonic150, Plus Topseed Satria FI

suzuki

satria-injeksi alex espargaro

Yola dulur yang budiman….sampai kemarin, masih saja terjadi perdebatan mana diantara suzuki satria150 FI dengan honda sonic 150 yang lebih unggul performanya. Semua perdebatan dilakukan di media blog atau medsos hanya dalam bentuk perang opini.

Secara kebetulan pula deka barusan mendapatkan pict uji topspeed yang dilakukan oleh blogger salah satu dari “twin brader”, Lek Toro bukan Lek Topo asal Jogja. Test dilakukan di jalan arah pantai kuwaru jogja. Motor satria fi sutandar ditest solo riding tanpa lawan, hanya untuk melihat capaian topspeednya.

Dari testimoni lek toro, gigi 1,2,3 terasa njengatz…njengatz….tarikannya. Sedangkan kecepatan sampai 125 an km/j sangat gampang tercapai. Terus naik ke angka 130, 135, kemudian mulai berat di angka 140 untuk mengalami kenaikan. Topspeed satria fi yang diperoleh di uji saat itu mencapai 144 km/j. Masih bisa naik lagi tapi tidak signifikan tergantung medan jalan.

fb_img_1481785272896
Topspeed satria fi lek toro

Sebenarnya deka punya rekaman videonya, ukuran lumayan sih kalok buat file blog 10 MB. Namun berhubung Lek toro sampai detik ini lom aplod di youtube, ya akhirnya hanya bisa ngowoh ndomblong tanpa link video di artikel ini.

Nah daripada kuciwa tanpa link video, deka sertakan video uji performa satria fi vs soni 150 yang dilakukan bro benny. Kali ini sudah ada di youtube. Video amatir ini dilakukan tanpa rekayasa, sama-sama spek standar, ditest oleh masing2 rider dengan cara tukaran. Ujinya cukup lengkap dimana panjang trek dibagi 3, 210, 400, dan 1000 M. Tiap uji dilakukan 2 kali run dengan tukar motor. Jadi di uji ini, total dilakukan 6 kali run.

screenshot_2016-12-16-08-42-31

Dan hasilnya? Dari spek mesinnya saja diatas kertas satria fi lebih unggul. Walaupun karakter mesinnya beda, endingnya mengatakan satria fi lebih di depan sonic. Dan ini terbukti diatas trek, karakter mesin yang lebih overbore, membuat satria kalah tarikan awal oleh sonic, baru setelah itu mulai merangsek naik.

Untuk buktinya, silahkan tonton video di bawah ini. Oh ya…. Jangan dilanjutin uji-uji seperti ini ya, kecuali dilakukan oleh ahlinya dan di jalan kosong. Safety Lur…..safety….

Stop Press….. Lek toro dah upload di youtube…silahkan njengaatttzzz

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil